Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa ITS Ciptakan Pupuk dari Cangkang Telur

Sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menciptakan alat penghacur limbah cangkang telur untuk menjadi bahan pupuk berupa water soluble calcium.
Cangkang telur/Ilustrasi
Cangkang telur/Ilustrasi

Bisnis.com, SURABAYA - Sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menciptakan alat penghacur limbah cangkang telur untuk menjadi bahan pupuk berupa water soluble calcium.

Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (FTI) tersebut di antaranya adalah Niki Entruly, Aisyah Dewi Muthi'ah, Lintang Delia Putri, Redhian Yoga Putranto dan Moch Ilham Riswanda. Mereka menciptakan alat tersebut berawal dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2015.

“Kami membuat karya ini dengan judul For-Eggs : Mesin Pembuat Water Soluble Calcium sebagai solusi pengolahan limbah,” kata Niki dalam siaran pers, Senin (22/6/2015).

Adapun, mesin For-Eggs tersebut memiliki dua sistem kerja, yakni seperti sistem kerja penggilingan kopi sebagai penghancur cangkang, sedangkan sistem kerja heater sebagai pengering cangkang telur. Mesin tersebut pada akhirnya menghasilkan water soluble calcium yang mengandung nutrisi kalsium.

“Selama ini sampah organik di dapur kantin kampus kami kurang dimanfaatkan secara maksimal, padahal sekitar 97% cangkang telur mengandung kalsium dan berpotensi menjadi bahan untuk meningkatkan ketahanan tanaman terhadap penyakit layu Furasium,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, kandungan kalsium dalam cangkang telur juga bisa dimanfaatkan untuk membantu pertumbuhan tanaman seperti tomat dan padi.

Dalam program ITS Urban Farming, alat tersebut diyakni dapat megurangi biaya pengeluaran pupuk untuk lahan tanaman di ITS Urban Farming serta membantu meningkatkan kualitas produk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper