Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARI RAYA WAISAK: Jokowi Mengajak Menjaga Kelestarian Alam

Presiden Joko Widodo dalam sambutan perayaan Trisuci Waisak 2559 BE tahun 2015 di pelataran Candi Borobudur mengajak umat Buddha untuk meneladani nilai kemanusiaan universal yang diajarkan oleh Sidharta Gautama.
Presiden Jokowi/Reuters-Damir Sagolj
Presiden Jokowi/Reuters-Damir Sagolj

Kabar24.com, MAGELANG - Presiden Joko Widodo dalam sambutan perayaan Trisuci Waisak 2559 BE tahun 2015 di pelataran Candi Borobudur mengajak umat Buddha untuk meneladani nilai kemanusiaan universal yang diajarkan oleh Sidharta Gautama.

Nilai kemanusiaan universal sang Buddha mengandung makna kehidupan yang sejati, bertekad kuat serta meninggalkan kepentingan pribadi mengutamakan kepentingan umum.

Untuk meneladani hal itu Presiden Jokowi mengajak umat Buddha tidak hanya membantu dan membahagiakan orang kurang mampu tetapi juga membahagiakan makhluk ciptaan Tuhan seperti menjaga kelestarian alam dan tidak bersifat rakus.

"Kehidupan Gautama meneladankan kehidupan kita, yang dilakukan berdasarkan ketulusan hati dan kesungguhan akan manfaat," katanya Selasa (2/6/2015) malam.

Selain itu, presiden menjelaskan bahwa sesuai ajaran sang Buddha bahwa revolusi mental dan pembangunan karakter menjadi tanggung jawab masing-masing untuk membangunnya. Kemudian dharma atau kewajiban yang dilaksanakan yakni melindungi kemerosotan dan kehancuran dalam berbangsa dan bernegara.

"Nilai universal dari dharma sang Buddha sungguh penting dalam membangun bangsa berdaulat mandiri dan bekepribadian. Tetapi tidak semudah membalikkan telapak tangan, butuh perjuangan," ujar presiden.

"Saya mengajak saudara sekalian senantiasa merenungkan kembali apa yang disampaikan sang Buddha dan menebarkan kepada sesama. Saya mengajak peringatan Waisak sebagai momentum bangun nilai luhur bangsa dan bersama anak bangsa seperti dalam sesanti Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa," kata Presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper