Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPR: Liberalisasi Sektor Pendidikan Harus Dihentikan

Wakil Ketua Komisi X DPR Shohibul Iman mengatakan liberalisasi sektor pendidikan harus segera dihentikan karena dampak negatifnya sangat besar, terutama ketika memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean pada akhir tahun ini.
Ilustrasi/Stjamesvw
Ilustrasi/Stjamesvw

Kabar24.com, JAKARTA — Wakil Ketua Komisi X DPR Shohibul Iman mengatakan liberalisasi sektor pendidikan harus segera dihentikan karena dampak negatifnya sangat besar, terutama ketika memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean pada akhir tahun ini.

Shohibul Iman mengatakan liberalisasi sektor pendidikan yang membuat institusi pendidikan luar negeri bebas beroperasi di Indonesia akan membuat lembaga pendidikan dalam negeri kalah bersaing karena Indonesia belum siap.

Apalagi, ujarnya, azas resiprokal yang memungkinkan Indonesia membuka institusi pendidikan di luar negeri tidak bisa dipenuhi.

“Liberalisasi pendidikan mempunyai dampak negatif. Kita harus mengkaji lagi aturan-aturan internasional di sektor pendidikan yang kita lemah dalam hal ini, meski ada hal-hal yang kalau diliberalisasi justru Indonesia beruntung,” ujar politisi dari PKS seperti dikutip bisnis dalam laman resmi dpr.go.id, Jumat (29/5).

Menurut dia, UU No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi (PT) membuka peluang terjadinya liberalisasi pendidikan termasuk bagi asing.

Sementara itu, Chusnul Mari’yah berpendapat bahwa liberalisasi sektor pendidikan tidak terlepas dari kebijakan pemerintah.

Menurutnya, pemerintah menerima kesepakatan dengan Dana Moneter Internasional (IMF) dalam hal liberalisasi atas 12 sektor industri yang termasuk di antaranya sektor pendidikan.

Chusnul mendukung revisi atas UU No.12 tahun 2012 tersebut karena selain belum siap untuk bersaing dengan negara luar, negara belum memiliki kemampuan untuk membiayai perguruan tinggi.

Untuk itu, undang-undang tersebut perlu dikaji kembali karena tugas utama negara adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper