Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KORUPSI BUMN: Bareskrim Polri Periksa Dirut Pelindo II RJ.Lino

Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian RI terus mendalami kerugian negara dalam Program Bina Lingkungan sejumlah BUMN. Hari ini Bareskrim memanggil Direktur Utama Pelindo II Richard Joost Lino sebagai saksi.
R. J. Lino/Bisnis
R. J. Lino/Bisnis

Kabar24.com, JAKARTA - Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian RI terus mendalami kerugian negara dalam Program Bina Lingkungan sejumlah BUMN. Hari ini Bareskrim memanggil Direktur Utama Pelindo II Richard Joost Lino sebagai saksi.

 "Hari ini akan dipanggil sejumlah saksi usai salat Jumat, termasuk dia," kata Kepala Bareskrim, Budi Waseso (29/5).

Proyek tersebut melibatkan Bank BNI, BRI, PT Asuransi Kesehatan, Pertamina, PGN, Pelindo, dan Hutama Karya. Proyek senilai Rp 317 miliar itu terjadi pada 2012-2014.

 Budi mengatakan Bareskrim terus mendalami kasus ini yang diproses atas laporan masyarakat. "Secara fisik, kegiatan itu (cetak sawah) tidak ada. Kami menduga ada penyimpangan dana itu," ujarnya.

 Menurut Budi, program cetak sawah di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, melibatkan sejumlah BUMN yang mengucurkan dana tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR).

Kegiatan cetak sawah adalah satu dari sejumlah kegiatan lain, termasuk pengembangan sorgum, pembibitan sapi, dan pembangunan rumah susun sederhana milik.

 Kenyataannya, setelah penyidik Bareksrim mendatangi lokasi, program cetak sawah itu tak dilaksanakan. "Tapi ada pengeluaran dana. Sedang kami dalami apakah hanya cetak sawah atau ada kegiatan lain."

 Pada kasus yang sama, Bareskrim menjadwalkan pemeriksaan Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Hendi Priyosantoso, Direktur Utama PT Sang Hyang Seri Upik Raslina, dan mantan Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan, kemarin. Namun ketiganya tak hadir dalam pemeriksaan sebagai saksi itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper