Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DANA PENELITIAN: AIPI Gelontorkan Rp414 Miliar. ISF Jadi Pengelola

ISF adalah badan otonom AIPI yang menyediakan pendanaan kompetitif bagi ilmuwan dan insinyur Indonesia untuk melakukan penelitian kelas dunia untuk mendukung daya saing bangsa.

Kabar24.com, JAKARTA -- Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) hari ini, Rabu (26/7/2015) meluncurkan Indonesia Science Fund (ISF).

ISF adalah badan otonom yang menyediakan pendanaan kompetitif bagi ilmuwan dan insinyur Indonesia untuk melakukan penelitian kelas dunia untuk mendukung daya saing bangsa.

"ISF ini juga didukung oleh pemerintah Indonesia bekerjasama dengan Australia dan Amerika Serikat yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing Indonesia dalam ilmu pengetahuan dan teknologi," tutur Wakil Ketua AIPI Satryo Soemantri Brodjonegoro di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (27/5/2015).

Perkiraan anggaran per tahun untuk dana yang diasumsikan untuk delapan Divisi yang diampu seperti fisika, kimia, biologi, teknik pertanian, perobatan, energi dan lingkungan, serta ilmu sosial dan pendidikan.

Anggaran riset yang diusulkan adalah Rp360 miliar untuk tiga tahun pertama hibah baru dan Rp250 miliar setiap tahunnya dengan rata-rata Rp1,5 miliar untuk tiap penelitian.

Untuk biaya administrasi dan peninjauan proposal sebesar 20% untuk penerima beasiswa.

Jadi total anggaran tahunan untuk penelitian dan administrasi adalah Rp414 miliar.

"Angka anggaran ini memungkinkan untuk pembelian peralatan yang diperlukan untuk hibah baru, pelatihan staf dan mahasiswa serta perjalanan untuk memulai perusahaan dan pertukaran informasi lain seputar riset baik di Indonesia maupun di luar negeri," papar Satryo.

Jumlah penerima hibah yang dapat ditampung dengan jumlah anggaran ini mungkin bisa melebihi 1.000 penelitian.

Namun tentunya anggaran untuk indonesia harus terus ditingkatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper