Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Klaim Pasokan Pangan Aman Jelang Puasa

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengklaim telah menyiapkan suplai kebutuhan pokok yang memadai untuk menjaga tingkat inflasi tetap rendah pada Bulan Ramadan dan menjelang Lebaran.
Pedagang beras/Antara
Pedagang beras/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Wakil Presiden Jusuf Kalla mengklaim telah menyiapkan suplai kebutuhan pokok yang memadai untuk menjaga tingkat inflasi tetap rendah pada Bulan Ramadan dan menjelang Lebaran.

“Pemerintah menyiapkan suplai yang cukup. Beras yang cukup, gula yang cukup,”ujarnya di Kantor Wakil presiden, Rabu(27/5/2015).

Menurut Kalla, pemerintah melalui kementerian bidang ekonomi sudah berpengalaman mempersiapkan pasokan pangan pokok setiap momentum puasa dan lebaran selama bertahun-tahun.

Oleh karena itu, sambungnya, masyarakat tak perlu khawatir dengan level inflasi yang akan terjadi pada tahun ini.

“Itu prosedur biasa [menyiapkan pasokan pangan]. Kita kan 70 tahun lebaran, sudah mengurusi hal-hal itu lagi, itu biasa saja,”tuturnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2014, indeks harga konsumen ketika masa Puasa dan Lebaran pada Juli 2014 tercatat 0,93%, dengan akumulasi inflasi 2,94% dan inflasi tahunan 4,53%.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengimbau pemerintah daerah menjaga kenaikan inflasi, terutama dari beberapa komoditas penyumbang inflasi, seperti daging ayam, cabai merah, dan bawang merah.  Jokowi juga meminta setiap daerah menganggarkan dana untuk kegiatan operasi pasar.

Untuk mengendalikan inflasi , pemerintah juga berniat merombak fungsi Badan Urusan Logistik (Bulog) tidak hanya sebagai penyangga kebutuhan komoditas beras tetapi juga komoditas lain. Saat ini, dalam proses revisi regulasi dan kelembagaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lavinda

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper