Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JUAL IJAZAH PALSU: Pengakuan Ketua PDIP Penerima Gelar Doktor dari University of Berkley

Ketua PDIP Komarudin Watubun membenarkan dirinya pernah menerima gelar doktor kehormatan atau honoris causa dari University of Berkley.
Kasus ijazah palsu/Antara
Kasus ijazah palsu/Antara

Kabar24.com, JAKARTA-- Ketua PDIP Komarudin Watubun membenarkan dirinya pernah menerima gelar doktor kehormatan atau honoris causa dari University of Berkley.

Kampus itu sedang menjadi sorotan karena diduga memperjualbelikan gelar palsu.  Komarudin mengatakan, gelarnya bukan gelar akademis, karena dia tak pernah berkuliah di University of Berkley. Namun, dia mengaku memberi dana untuk mendapat gelar itu.

"Puluhan juta, katanya untuk biaya administrasi," ujar Komarudin, Senin (25/5/2015).

Komarudin tak ingat jumlah persis yang dia keluarkan karena penganugerahan gelar itu terjadi sekitar 2001-2002. Kampus meminta duit itu dari Komarudin untuk keperluan tiket pesawat dan biaya hotel karena pemberian gelar dilakukan di Singapura.

"Semua pakai biaya sendiri, tapi menurut saya wajar saja."

Saat menerima gelar tersebut, Komarudin menjabat sebagai Ketua PDIP Papua. Selain dirinya, ada tiga pejabat Papua lain yang juga menerima gelar serupa. Satu orang sesama politikus, sedangkan dua lainnya adalah pejabat pemerintahan.

Komarudin menuturkan pemberitahuan penganugerahan gelar kepadanya dilakukan melalui surat resmi dengan logo dan kop surat. Sebelum bertolak ke Singapura, Komarudin juga diundang untuk mengikuti taklimat singkat atau briefing di kantor University of Berkley di Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

Komarudin menduga dia diberikan gelar doktor honoris causa oleh University of Berkley karena sepak terjangnya di bidang politik.

"Dalam surat pemberitahuan, ada argumen kenapa saya berhak menerima gelar itu," ucapnya.

Walau begitu, dia menyatakan tak pernah mencantumkan gelar doktor yang diterimanya di namanya. Komarudin selalu menggunakan gelar sarjana hukum dari Universitas Cenderawasih dan Magister Hukum dari Universitas Gadjah Mada.

Nama Komarudin termasuk dalam daftar 187 alumni program Doktor Administrasi Bisnis Lembaga Manajemen Internasional Indonesia. LMII mengklaim berafiliasi dengan University of Berkley, Michigan, Amerika Serikat. Belakangan diketahui ijazah yang dikeluarkan kampus LMII itu juga palsu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper