Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JUAL IJAZAH PALSU: Begini Cerita Jual-Beli Ijazah University of Berkley

Praktik dugaan jual-beli ijazah University of Berkley sebenarnya terendus sejak tahun lalu.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Kabar24.com, JAKARTA-- Praktik dugaan jual-beli ijazah University of Berkley sebenarnya terendus sejak tahun lalu.

Berawal dari sekelompok pengajar dan pegawai Universitas PGRI Kupang melaporkan dugaan gelar palsu doktor Samuel Haning, rektor universitas itu, ke Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (NTT), seperti dilansir Tempo, Senin (25/5/2015).

Laporan itu mencuat di tengah rebutan tampuk kepemimpinan universitas. Awal tahun ini, keabsahan gelar doktor Samuel Haning kembali dipersoalkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Direktorat menuduh  Haning telah memalsukan sejumlah dokumen penyetaraan gelar University of Berkley itu.

"Kami akan melaporkan dia ke polisi," kata Dharnita Chandra, Kepala Subdirektorat Penyelarasan dan Pengembangan Keunggulan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, awal Januari  lalu.

Awal Desember tahun lalu, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menerima laporan dari sejumlah pengacara yang mengatasnamakan pengurus Yayasan­ PGRI Kupang. Menurut Dharnita Chandra, pelapor meminta penjelasan Direktorat soal dua versi surat pengesahan gelar doktor Haning.

Dharnita bercerita, pada awal Agustus 2014, Samuel Haning memohon pengesahan (legalisasi) salinan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nomor 9917/Kep.Dikti/IJLN/2014. Dalam salinan "SK menteri" itu, Haning disebut memperoleh gelar doctor of law dari University of Berkley, Amerika Serikat. Disebutkan pula gelar itu telah disetarakan dengan gelar doktor (pendidikan S-3) di Indonesia.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper