Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Metrologi Pilar Mutu Nasional

Memperingati Hari Metrologi Dunia, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Metrologi menggelar Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Kalibrasi Instrumentasi dan Metrologi (PPI KIM) ke-41 bertema Peran Metrologi dalam Peningkatan Mutu dan Daya Saing Produk Nasional di Pasar International.
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)/wikipedia.org
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)/wikipedia.org

Kabar24.com, JAKARTA -- Memperingati Hari Metrologi Dunia, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Metrologi  menggelar Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Kalibrasi Instrumentasi dan Metrologi (PPI KIM) ke-41 bertema "Peran Metrologi dalam Peningkatan Mutu dan Daya Saing Produk Nasional di Pasar International".

Kepala LIPI, Profesor Iskandar Zulkarnain, menuturkan metrologi merupakan pilar dalam infrastruktur mutu nasional, disamping standarisasi dan penilaian kesesuaian, memiliki peran mendasar untuk menghasilkan karya inovatif.

"Dalam konteks globalisasi untuk menghadapi pasar bebas, Indonesia harus mampu memenuhi persyaratan-persyaratan produksi dan mutu produk untuk perdagangan antar-negara sesuai dengan kesepakatan dan peraturan internasional," Ujar Iskandar di Ruang Puri Agung Grand Sahid Hotel, Jakarta, Selasa (19/5/2015).

Salah satu syarat yang diberlakukan adalah mutu produk. Sementara itu, untuk dapat memenuhi mutu produk sesuai dengan persyaratan, maka diperlukan infrastruktur mutu setara antara satu negara dengan negara lain.

"Infrastruktur mutu merupakan kesatuan yang tidak terpisahkan dari peningkatan mutu hasil-hasil produksi. Elemen-elemen ini harus dapat bersinergi untuk meningktkan daya saing produk Indonesia dalam perdagangan regional maupun internasional," ungkapnya.

Peningkatan Mutu

Kepala Pusat Penelitian Metrologi LIPI, Dr. Mego Pinandito,  menuturkan peningkatan infrastruktur metrologi nasional sangat erat kaitannya dengan peningkatan mutu dan inovasi.

"Puslit Metrologi LIPI sebagai pelaksana fungsi lembaga metrologi nasional memiliki kewajiban menjamin ketertelusuran pengukuran yang merupakan salah satu pilar utama yang disyaratkan untuk bersaing dipasar internasional," jelas Mego.

Sementara itu, terkait dengan PPI KIM ke-41 Mego berharap dapat meningkatkan pemahaman tentang metrologi di kalangan akademisi.

"Kedepannya semua pihak terkait diharapkan dapat menjalin kerja sama dalam kegiatan kemetrologian, memperkuat infrastruktur metrologi, dan memberikan transfer pengetahuan tentang kemetrologian antar peneliti yang berkecimpung di bidang metrologi, instrumentasi pengukuran dan standarisasi," tutupnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper