Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden Jokowi Resmikan IPC Corporate University

Presiden Joko Widodo meresmikan Indonesia Port Corporation (IPC) Corporate University di Ciawi, Bogor.
Presiden Joko Widodo/Antara
Presiden Joko Widodo/Antara

Kabar24.com, BOGOR-- Presiden Joko Widodo meresmikan Indonesia Port Corporation (IPC) Corporate University di Ciawi, Bogor. Kampus milik PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II ini diharapkan dapat mempersiapkan SDM handal dan kompeten di bidang kepelabuhan, maritim dan logistik.

IPC Corporate University adalah salah satu anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) yang didirikan pada 2013 untuk menjadi sebuah mercusuar pendidikan di bidang kepelabuhan, maritim, dan logistik. Program unggulan di IPC Corporate University, antara lain bidang container terminal, non container terminal, marine services, dan logistik.

Kampus yang didirikan di atas lahan seluas 5 hektare ini dibangun Pelindo II dengan menggandeng IMD Business School, STC -BV, Kuhne Logistic, dan universitas terbaik di Indonesia seperti Universitas Indonesia, Universitas Sriwijaya, Universitas Gadjah Mada, ITS, ITB, dan Universitas Hasanuddin.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II atau Indonesia Port Cooperation (IPC) Richard Joost Lino mengatakan I‎PC Corporate University merupakan bagian dari program transformasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi dengan kompetisi teknis kepelabuhan dan logistik, serta manajemen dan kepemimpinan.

"Kami harap IPC Corporate University dapat memberikan dampak positif dan signifikan pada kinerja operasional kepelabuhan di Indonesia," kata Lino.

Pembangunan IPC Corporate University dinilai Lino sejalan dengan arah pembangunan yang digalakkan pemerintah, yakni sektor maritim. Pembangunan infrastruktur fisik pelabuhan, lanjutnya, harus dibarengi dengan pembangunan SDM yang kompeten dan profesional.

"Kampus ini tidak hanya dapat dimanfaatkan karyawan IPC, tapi jg terbuka pemanfaatannya bagi Pelindo I, III, dan IV, serta instansi atau masyarakat umum," imbuh Lino.

IPC Corporate University mampu menyelenggarakan program pembelajaran secara paralel untuk 1.500 peserta. Materi yang ditekankan dalam studi adalah unsur-unsur budaya perusahaan, kompetensi teknis kepelabuhan dan logistik, serta manajemen dan kepemimpinan.

Kampus ini dilengkapi dengan ruang kelas, warehouse simulator, asrama, aula, dan gedung administrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper