Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UN SMP 2015: Disdik DKI Jamin Tidak Akan Terjadi Kebocoran Soal

Dinas Pendidikan DKI Jakarta memastikan tidak akan terjadi kebocoran naskah soal selama berlangsungnya Ujian Nasional untuk tingkat sekolah menengah pertama (SMP), yakni mulai tanggal 4 hingga 7 Mei 2015.
Soal Ujian Nasional 2015/Antara
Soal Ujian Nasional 2015/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Dinas Pendidikan DKI Jakarta memastikan tidak akan terjadi kebocoran naskah soal selama berlangsungnya Ujian Nasional untuk tingkat sekolah menengah pertama (SMP), yakni mulai tanggal 4 hingga 7 Mei 2015.

"Karena pengiriman serta pendistribusian dokumen soal UN dikawal secara ketat oleh aparat kepolisian dari Polda Metro Jaya yakni sebanyak 12 personel," kata Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI, Sopan Adrianto.

Menurut dia, apabila pengamanan naskah soal di tingkat provinsi dilakukan oleh sebanyak 12 personel dari Polda Metro Jaya, maka hal tersebut berbeda dengan pengamanan naskah soal UN untuk tingkat rayon.

"Pada tingkat rayon, pengamanan soal UN dikawal oleh polres masing-masing wilayah, sesuai jumlah sub rayon. Setiap rayon akan dikawal oleh satu orang polisi. Jadi, ada tujuh rayon SMP yang akan dikawal oleh tujuh aparat kepolisian".

Dia menambahkan penjagaan naskah soal UN pada tingkat sub rayon akan dilakukan oleh polsek, sehingga masing-masing sub rayon akan dijaga oleh dua personel polisi.

"Artinya, akan ada sebanyak 46 anggota polisi yang menjaga sebanyak 23 sub rayon SMP di wilayah DKI Jakarta. Dengan cara demikian, soal-soal UN SMP pada tahun ini dipastikan tidak bocor".

Untuk menjaga keabsahan soal-soal UN, dia mengungkapkan selain dijaga ketat oleh polisi, pihaknya juga melakukan pemindaian (scan) lembar jawaban untuk jenjang SMP, Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Paket B atau Wustha.

Sementara itu, pendistribusian naskah soal UN SMP di Jakarta dilakukan di lima lokasi a.l. SMP Negeri 216 untuk wilayah Jakarta Pusat, Kantor Dinas Pendidikan DKI untuk Jakarta Selatan, SMP Negeri 255 untuk Jakarta Timur, SMP Negeri 45 untuk Jakarta Barat dan SMP Negeri 30 untuk Jakarta Utara serta Kepulauan Seribu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper