Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intensitas Hujan Tinggi, Kabupaten Lebak Banjir

Hujan dengan intensitas tinggi dengan kerentanan fisik daerah aliran sungai menyebabkan sungai-sungai meluap dan menimbulkan banjir di Kabupaten Lebak, Jawa Barat.
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Kabar24.com,JAKARTA-Hujan dengan intensitas tinggi dengan kerentanan fisik daerah aliran sungai menyebabkan sungai-sungai meluap dan menimbulkan banjir di Kabupaten Lebak, Jawa Barat.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB mengatakan meluapnya Sungai Ciliman telah menyebabkan banjir merendam 8 desa di Kecamatan Banjarsari yaitu Desa Keusik, Ciruji, Umbul Jaya, Lebakkeusik, Cidahu, Kumpay, Cilegong ilir, dan Labanjaya pada Jumat (24/4/2015).

"Lebih dari 350 rumah terendam banjir setinggi 1-1,5 meter. Sedangkan di Kampung Cibeber, Desa Warung Banten, Kecamatan Cibeber terjadi longsor menyebabkan 2 rumah rusak berat. Angin kencang menyebabkan 1 rumah roboh di Desa Tanjungwangi Kec Muncang," ujarnya, Jumat (24/4/2015).

Menurutnya, hingga saat ini, BPBD Kabupaten Lebak, TNI, Polri, Tagana, SAR, PMI, SKPD dan relawan masih melakukan penanganan darurat banjir. Sedangkan bantuan logistik telah didistribusikan kepada korban banjir.

Sementara itu, banjir juga terjadi di Kab. Demak, Jawa Tengah pada Jumat (24/4/2015) pukul 17.00 Wib. Hujan berintensitas tinggi dan kondisi Sungai Cabean yang telah mengalami pendangkalan telah menyebabkan sungai tidak mampu air limpasan dari daerah Ungaran dan Klepu Karangjati sehingga banjir.

Beberapa desa terendam banjir setinggi 20-100 cm seperti di Desa Tlogoweru, Desa Rejosari, Desa Sidorejo, dan Kecamatan Karangawen.

Lahan sawah seluas 148 Ha juga terendam banjir. Tidak ada pengungsian.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper