Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Syarat Komisioner KPK Versi Jaksa Agung Prasetyo: Bukan Manusia Setengah Dewa dan Tak Cari Panggung

Menurutnya, panitia seleksi dan DPR harus menakar sejumlah hal agar pimpinan KPK lebih baik dan bukan lagi seperti manusia setengah dewa. Selain itu, juga tak cari panggung lagi, kata Prasetyo saat rapat kerja dengam Komisi III membahas perppu KPK di Kompleks Gedung Parlemen, Senayan, Rabu (22/4/2015).
Jaksa Agung HM Prasetyo/Antara
Jaksa Agung HM Prasetyo/Antara

Kabar24.com, JAKARTA—Jaksa Agung HM Prasetyo meminta kepada Komisi III untuk memantau seleksi calon komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar pimpinan KPK lebih matang dalam bertindak.

Menurutnya, panitia seleksi dan DPR harus menakar sejumlah hal agar pimpinan KPK lebih baik dan bukan lagi seperti manusia setengah dewa. "Selain itu, juga tak cari panggung lagi,” kata Prasetyo saat rapat kerja dengam Komisi III membahas perppu KPK di Kompleks Gedung Parlemen, Senayan, Rabu (22/4/2015).

Menurutnya, kriteria komisioner KPK a.l. bisa ditakar dari kapabilitas, integritas, kedewasaan, serta kesehatannya.

Dengan mengacu sejumlah kriteria itu, pimpinan KPK akan mampu bekerja memenuhi ekspektasi publik terhadap lembaga yang dipimpinnya.

Sebelumnya, Komisi III DPR mengusulkan adanya tes tambahan di luar tes kemampuan dasar dan inteligensi sebagai syarat mutlak calon komisioner KPK.

Arsul Sani, anggota Komisi III dari Fraksi PPP, mengatakan harus ada tes emotional quotient (EQ).

Usulan ini, paparnya, mengingat adanya kasus komisioner yang lalu.

“Komisioner yang lalu terbukti pandai secara akademik, namun tidak cukup pandai mengendalikan emosi. Jadi kita ingin panitia seleksi memasukkan tes EQ dalam uji calon,” ujar Arsul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper