Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Masuk Jajaran 100 Pemimpin Berpengaruh Dunia 2015

Majalah TIME yang berbasis di New York, menobatkan Presiden Joko Widodo dalam jajaran 100 pemimpin paling berpengaruh di dunia pada 2015.
Jokowi di dalam mobil kepresidenan Mercedes-Benz, Sabtu (23/8/2014)./Antara-Reno Esnir
Jokowi di dalam mobil kepresidenan Mercedes-Benz, Sabtu (23/8/2014)./Antara-Reno Esnir

Bisnis.com, NEW YORK--Majalah TIME yang berbasis di New York, menobatkan Presiden Joko Widodo dalam jajaran 100 pemimpin paling berpengaruh di dunia pada 2015.

Dikutip dari laman resmi majalah TIME, Sabtu (18/4/2015), disebutkan Presiden Jokowi dinobatkan sebagai the 100 influential people bersama tokoh lain seperti Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Perdana Menteri India Narendra Modi, Presiden China Xi Jinping, Kanselir Jerman Angela Merkel, hingga Presiden Rusia Vladimir Putin.

Mantan Presiden Bank Dunia sekaligus mantan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Paul Wolfowitz menggambarkan sosok Jokowi sebagai sosok anti-ekstremis asal Indonesia. Sejak Pemilu Presiden tahun lalu, Jokowi dinilai telah membawa semangat generasi muda.

Jokowi juga dinilai memberikan sentuhan popularitas bagi bangsa yang besar akan keberagamannya, serta negara dengan penduduk terbesar keempat dunia dan negara berpenduduk muslim terbesar dunia.

"Presiden Widodo yang dikenal sebagai Jokowi, melejit dari sosok sederhana menjadi seorang pengusaha yang makmur, presiden Indonesia pertama yang seperti itu," ungkapnya.

Wolfowitz menambahkan, karir Jokowi berawal dari menjadi wal ikota Solo, kota kelahirannya. Kemudian menjadi Gubernur Jakarta yang merupakan salah satu kota besar dunia.

"Saya terkesan ketika dia tetap berdiri menghadapi ekstremis muslim yang menolaknya saat menunjuk seorang perempuan kristen sebagai lurah di Jakarta pada 2013," katanya.

Komitmen terhadap keberagaman tradisi keagamaan di Indonesia itu, sambungnya, membuat kesuksesan Jokowi tidak hanya penting bagi Indonesia, tapi juga dunia yang membutuhkan contoh kesuksesan sebuah negara demokratis berpenduduk mayoritas muslim.

Akan tetapi, katanya, Jokowi akan membutuhkan tingkat popularitasnya yang tinggi untuk mengatasi penolakan perubahan dari kelompok kepentingan yang bercokol di Indonesia.

Tidak hanya Jokowi, majalah TIME juga pernah menobatkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam daftar yang sama pada 2009 silam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sukirno
Editor : Saeno
Sumber : Time
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper