Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TMMD 2015: TNI AD, Kemenag dan Pemda Bekerja Sama Bangun Desa

Dalam TMMD 2015 ini pihak TNI Angkatan Darat mengerahkan tenaga personel, Kementerian Agama menerjunkan pemuka agama, dan Pemda menggelontorkan anggaran.
Ilustrasi/JIBI-Ratna Puspita Dewi
Ilustrasi/JIBI-Ratna Puspita Dewi

Kabar24.com, JAKARTA -- TNI Angkatan Darat bersama Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah bahu membahu membangun desa.

Dalam program bertajuk TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 2015 ini pihak TNI Angkatan Darat mengerahkan tenaga personel, Kementerian Agama menerjunkan pemuka agama, dan Pemda menggelontorkan anggaran.

"Disiplin anggaran ada belanja barang modal dan kita hanya modal tenaga," kata Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI M. Munir usai membuka Rapat Koordinasi Teknis TMMD 2015 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis (9/4/2015).

Dalam program yang akan dilaksanakan selama 21 hari ini, TNI mengerahkan 9.150 personel untuk kegiatan di 237 titik yang tersebar di 13 Kodam pada 61 Kabupaten atau kota, 66 Kecamatan, dan 90 desa di seluruh Indonesia.

"Prajurit sebanyak 9.150 terlibat langsung di lapangan, akan lebih banyak lagi tentunya, ada tenaga teknis pula," kata Munir.

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan pihaknya akan memanfaatkan tenaga petugas yang berada di Kantor Wilayah Kemenag yang berada di 61 Kabupaten, untuk melakukan penyuluhan dalam program TMMD ini.

Lukman mengatakan nantinya tenaga penyuluh dari Kanwil itu disesuaikan dengan mayoritas agama yang berada di suatu wilayah.

Dia menegaskan Kemenag mengakomodir seluruh agama yang diakui negara.

"Kita akan seoptimal mungkin memberikan dukungan, lihat situasinya," kata Lukman.

Program TMMD dimulai pada 7 hingga 27 Mei mendatang. Program yang sudah dilaksanakan sebanyak 94 kalinya ini berfokus pada kegiatan pembangunan fisik berupa infrastruktur dan nonfisik berupa penyuluhan kepada masyarakat pedesaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper