Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Australia Bocorkan Data Pribadi Presiden Jokowi

Pihak berwenang Australia dilaporkan secara tidak sengaja telah mengungkapkan informasi pribadi dari beberapa pemimpin dunia, termasuk nomor paspor mereka, saat mengirim email kepada penyelenggara turnamen sepak bola.
 Presiden Joko Widodo dan PM Jepang Shinzo Abe/Setpres-Laily
Presiden Joko Widodo dan PM Jepang Shinzo Abe/Setpres-Laily

Kabar24.com, JAKARTA— Pihak berwenang Australia dilaporkan secara tidak sengaja telah mengungkapkan informasi pribadi dari beberapa pemimpin dunia, termasuk nomor paspor mereka, saat mengirim email kepada penyelenggara turnamen sepak bola.

Seperti yang dilansir The Wall Street Journal pada Senin (30/3/2015), Departemen Imigrasi Australia mengatakan pihaknya telah memperketat keamanan email setelah surat kabar Guardian melaporkan seorang pejabat sengaja membocorkan informasi pribadi dari Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Kanselir Jerman Angela Merkel, China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pemimpin lain yang disebutkan dalam email termasuk yakni, Perdana Menteri India Narendra Modi, Jepang Shinzo Abe, Presiden Indonesia Joko Widodo dan Perdana Menteri Inggris David Cameron.

Sebagian besar informasi yang terkandung dalam email dapat diakses secara bebas dalam pencarian di Internet termasuk nama, kebangsaan, dan tanggal lahir dari para pemimpin tersebut. Tapi nomor paspor yang dimuat dalam email yang dikirim ke penyelenggara sepak bola Piala Asia telah diblokir.

"Data itu langsung dihapus oleh penerima dan tidak didistribusikan lebih lanjut," ujar juru bicara Imigrasi Australia dan departemen Perlindungan Perbatasan.

"Departemen telah mengkaji dan memperkuat protokol email untuk membatasi dan mencegah pelanggaran di masa depan."

Informasi pribadi yang telah dibocorkan adalah nama, tanggal lahir, posisi kebangsaan, nomor paspor, nomor visa dan visa subclass dari 31 pemimpin dunia (yaitu perdana menteri, presiden dan setara mereka) yang menghadiri KTT G20 November tahun lalu di Brisbane Australia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper