Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Panglima TNI Tinjau Latihan Perang di Poso

Panglima TNI Jenderal Moeldoko meninjau langsung pelaksanaan latihan puncak PasukannPemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI di Komando Pengendalian PPRC, Bandara Kasiguncu, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.
Jenderal Moeldoko/Ilustrasi
Jenderal Moeldoko/Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA--Panglima TNI Jenderal Moeldoko meninjau langsung pelaksanaan latihan puncak Pasukan
Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI di Komando Pengendalian PPRC, Bandara Kasiguncu, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Moeldoko mengungkapkan skenario latihan ini berawal dari operasi intelijen yang memberikan gambar an tentang Poso. Menindak laporan intelijen tersebut pihaknya melakukan operasi tempur dilanjutkan dengan operasiteritorial.

"Latihan ini untuk mengantisipasi munculnya kelompok radikalisme di Indonesia," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (31/3/2015).

Moeldoko mensinyalir kelompok radikal selama ini merasa nyaman di Poso. Dia khawatir pula orang-orang yang berangkat ke Suriah dan Irak akan berpulang ke Indonesia kemudian bermarkas di Poso.

Latihan ini, kata Moeldoko, sengaja digelar berkaitan dengan isu terorisme yang setelah beberapa warga negara Indonesia diketahui bergabung dengan kelompok radikal Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

ISIS adalah sebuah ancaman yang harus dikelola dengan baik oleh semua instansi negara karena jika tidak ditangani dengan tepat, paham ISIS dapat menjadi ancaman faktual yang merusak nasionalisme, kata Moeldoko.

Setelah operasi tempur selesai, TNI melakukan operasi teritorial dengan melakukan rehabilitasi baik secara fisik maupun non fisik. Berupa pembangunan rumah dan pengembalian kepercayaan masyarakat tentang wawasan kebangsaan.

Saat meninjau lokasi latihan, Panglima TNI didampingi Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Gatot Nurmantyo, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi serta beberapa pejabat TNI lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper