Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERINGATAN KAA ke-60: Pemimpin Tertinggi Korut Bakal Dikawal Ketat

Pemimpin tertinggi Korea Utara yang kontroversial, Kim Jong-un, dipastikan akan menghadiri peringatan Konferensi Asia afrika (KAA) ke-60 di Jakarta dan Bandung pada 19-24 April 2015.
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un/Reuters
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Pemimpin tertinggi Korea Utara yang kontroversial, Kim Jong-un, dipastikan akan menghadiri peringatan Konferensi Asia afrika (KAA) ke-60 di Jakarta dan Bandung pada 19-24 April 2015.

Sekitar 109 kepala negara dijadwalkan hadir dalam perhelatan negara se-Asia dan Afrika ini.

"Dari informasi terakhir, 90% Pemimpin tertinggi Korut dan pemimpin China hadir. Ini satu kebanggaan bagi Indonesia, mereka jarang sekali ke luar negeri," kata Kapolda Jabar, Mochamad Iriawan, Senin (30/3/2015).

Dia mengemukakan pihak keamananan akan memberikan keamanan ekstra bagi putra mantan pemimpin tertinggi Korut Kim Jong-il tersebut. Pasalnya ancaman terhadap Kim Jong-un sangat besar.

Selain Kim Jong-un, pemimpin Taiwan Ma Ying-jeou, pun sudah mengkonfirmasi akan hadir. Seperti Kim Jong-un, Ma Ying-jeou pun akan mendapatkan pengamanan cukup ketat. Namun, semua kepala negara yang hadir akan mendapatkan prioritas keamanan yang sama.

“Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, ini akan menjadi sesuatu yang akan membuat citra Bandung menjadi jelek".

Sekitar 9.700 personel gabungan dari Polri dan TNI AD akan dikerahkan saat perayaan puncak KAA di Bandung. Selain itu, 30 penembak jitu akan ditempatkan di beberapa titik di kawasan Gedung Merdeka.

Iriawan mengatakan, saat perayaan puncak digelar, Kota Bandung akan disterilkan, terutama di ring satu di kawasan Gedung Merdeka. Selain itu, pengamanan ketat pun akan dilakukan di sejumlah bandara dan jalan tol yang melintasi Kota Bandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper