Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KONFERENSI ASIA AFRIKA: Pecahkan Rekor, 20 Ribu Orang Main Angklung

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Herlan J.S. mengatakan Pemerintah Kota Bandung (Pemkot) akan memecahkan rekor bermain angklung pada rangkaian acara Konferensi Asia Afrika ke-60 18-27 April 2015.
Main angklung massal/antara
Main angklung massal/antara

Kabar24.com, BANDUNG— Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Herlan J.S. mengatakan Pemerintah Kota Bandung (Pemkot) akan memecahkan rekor bermain angklung pada rangkaian acara Konferensi Asia Afrika ke-60 18-27 April 2015.

Pemkot Bandung, kata dia, akan memainkan 20 ribu angklung di stadion Siliwangi, Bandung.

"Nanti Stadion Siliwangi akan dihadiri para delegasi negara juga. Kami akan bermain 20 ribu angklung bersama-sama di sana," ujarnya di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Bandung, Senin (30/3/2015).

Dia mengatakan, rekor sebelumnya dipecahkan oleh China dengan memainkan 7 ribu angklung. Mereka akan memainkan lagu Asia Afrika yang dibuat oleh beberapa seniman di Bandung.

Pemkot Bandung akan mengerahkan siswa sekolah dan relawan untuk memainkan angklung tersebut. Herlan menjelaskan relawan tidak hanya berasal dari Bandung.

"Relawan yang daftar sangat banyak dan tidak hanya dari Bandung," ujar dia. Di antaranya dari Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Garut, Bekasi, dan Jakarta.

Adapun pengadaan 20 ribu angklung tidak bersumber pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara ataupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Pengadaan angklung, kata dia, didapat dari dana pihak ketiga.

"Sebab banyak sekali pihak yang ingin bantu kami dari sisi pendanaan," kata Herlan.

Pihak ketiga akan mecairkan sejumlah dana, dan memberikannya langsung pada produsen angklung. Pemkot Bandung tak berwenang menerima bantuan langsung berupa dana. 20 ribu angklung itu didapat dari sejumlah produsen di antaranya Saung Angklung Mang Udjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper