Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PEMAKAMAN LEE KUAN YEW: Kota Singapura Lengang, Toko-Toko Tutup

Suasana berkabung demikian terasa di seantero Singapura. Beberapa jam sebelum acara kenegaraan dalam upacara pemakaman Lee Kuan Yew dimulai siang ini, Kota Singapura tampak lengang.
/todayonline/yus
/todayonline/yus

Kabar24.com, JAKARTA - Suasana berkabung demikian terasa di seantero Singapura. Beberapa jam sebelum acara kenegaraan dalam upacara pemakaman Lee Kuan Yew dimulai siang ini, Kota Singapura tampak lengang.

Beberapa pemilik toko memastikan menutup usahanya hari ini untuk menghormati pendiri negara Singapura itu.

Salah seorang pelayan Starbucks di kawasan pusat perbelanjaan Clark Quay mengatakan warung kopi itu akan tutup pada pukul 12.00 waktu Singapura. " Kami buka kembali pukul 07.30 besok (Senin)," katanya.

Petugas keamanan pusat perbelanjaan Central Plaza di Clark Quay membenarkan informasi bahwa beberapa toko akan tutup untuk menghormati pemakaman Lee Kuan Yew siang ini. "Tapi tidak semua toko tutuplah, ada juga yang buka," kata petugas itu.

Sementara itu, kendaraan umum tetap beroperasi. Seorang sopir taksi mengatakan tetap bekerja hari ini tapi tidak melintasi jalur prosesi pemakaman Lee Kuan Yew. Sebab jalur itu akan ditutup pada pukul 11.00 waktu Singapura.

Cuaca pagi ini di Kota Singapura mendung. Sekitar pukul 10.00, hujan mulai turun. Tapi puluhan orang yang berdiri berjajar di trotoar yang menghadap pintu utama gedung parlemen tidak beringsut dan membuka payung yang telah mereka siapkan.

Pemakaman Lee dimulai pada pukul 12.30 waktu setempat. Jenazah Lee, yang kini disemayamkan di gedung parlemen, akan dibawa melewati beberapa jalan utama menuju gedung pusat kebudayaan Nasional University of Singapore, yang berjarak 15,4 kilometer dari gedung parlemen.

Di tempat tersebut, upacara pemakaman akan dilangsungkan pada pukul 14.00-17.15 waktu setempat.

Lee, yang memimpin Singapura selama periode 1959-1990, meninggal pada usia 91 tahun, Senin, 23 Maret 2015. Selama hampir sepekan ini lebih dari satu juta orang memberikan penghormatan terakhir kepada Lee.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper