Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Melongok Kediaman Susi di Pangandaran

Di Jalan Merdeka No.312 Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, aktivitas komplek kediaman Susi Pudjiastuti selalu ramai.
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti./Antara-Joko Sulistyo
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti./Antara-Joko Sulistyo
Kabar24.com,PANGANDARAN--Di Jalan Merdeka No.312 Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, aktivitas komplek kediaman Susi Pudjiastuti selalu ramai.
 
Pasalnya, komplek kediaman seluas lima hektar itu tidak hanya sebagai tempat berteduh Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja saat berada di kampungnya.
 
Namun, di komplek ini juga terdapat kantor PT ASI Pudjiastuti, perusahaan yang dirintis Susi sejak beberapa tahun lalu.
 
Diantaranya kantor Susi Marine yang bergerak di bidang perikanan, Susi Air yang bergerak di bidang penerbangan, serta beberapa guest house.
 
Pada kesempatan pulang kampung kali ini, Susi yang sekaligus mengadakan rapat dengan sejumlah pejabat eselonnya mengajak para wartawan untuk berkunjung ke rumahnya.
 
Dari pantauan Bisnis.com, bagian terdepan merupakan hotel Alfi. Derajat Mulyanto, Bussines Comercial Susi Air, mengatakan hotel Alfi ini terbuka untuk umum.
 
Kemudian, di sebelahnya merupakan wilayah perkantoran, yaitu kantor pusat Susi Air yang mengontrol seluruh armada penerbangan perusahaannya dan Susi Marine yang bergerak di bidang perikanan.
 
Di kantor Susi Air ini juga terdapat simulator pesawat serta training centre untuk pelatihan karyawan Susi Air, termasuk pilot.
 
Selain itu, terdapat kolam penampungan lobster yang merupakan salah satu komoditas perikanan yang ditekuni Susi Marine. Lobster-lobster ini dibeli dari nelayan untuk kemudian dijual kembali ke Jakarta dengan armada penerbangannya.
 
Selain hotel alfi, di belakang perkantoran terdapat tempat penginapan lainnya, yaitu mess karyawan arman dan guest house nadine. Kedua tempat penginapan ini berdekatan dengan danau kecil yang ada di dekat keduanya.
 
"Guest house nadine ini biasa digunakan untuk tamu VIP," kata derajat.
 
Sedangkan mess arman merupakan salah satu mess yang biasa digunakan para karyawannya.
 
Di dekat danau itu, ada restoran hilman yang biasa menjadi tempat Susi menjamu para tamunya. Di atas restoran Hilman inilah Susi biasa beristirahat.
 
Christin, Manager Safety and Quality Insurance Susi Air, mengatakan nama-nama guest house di komplek kediaman Susi ini diambil dari nama anak-anak dan cucunya. Alfi, Nadine, dan Hilman merupakan anak-anak Susi. Sementara Hilman merupakan nama cucu Susi.
 
Sejak menjadi menteri, Susi memang tidak menghabiskan kesehariannya di kampung halamannya itu. Di Jakarta, dia menempati rumah dinasnya di Komplek Kementerian Widya Chandra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ihda Fadila
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper