Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANTEN Tuan Rumah Propenas Santri, Ini Pertimbangannya

Provinsi Banten terpilih sebagai tuan rumah Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren (Pospenas) VII Tahun 2016 yang akan dihadiri sekitar 5.000 santri dari seluruh Indonesia.
Siswa SMK. /Bisnis.com
Siswa SMK. /Bisnis.com

Kabar24.com, SERANG - Provinsi Banten terpilih sebagai tuan rumah Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren (Pospenas) VII Tahun 2016 yang akan dihadiri sekitar 5.000 santri dari seluruh Indonesia.

Penunjukan Banten sebagai tuan rumah Pospenas 2016 disampaikan melalui Surat Keputusan (SK) Kemenko Budaya dan Pembangunan Manusia (BPM) RI yang diserahkan Panitia Kerja Tetap Nasional (Panjatapnas) kepada Pemprov Banten melalui Sekda Banten Kurdi Matin di Ruang Rapat Setda Banten di Serang, Jumat (27/3/2015).

Pemerintah Provinsi Banten menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) VII Tahun 2016 tersebut.

"Banten dipilih menjadi tuan rumah Pospenas setelah menyisihkan Provinsi Sumatera Selatan. Ini hasil dari penilaian yang dilakukan tim kerja dari beberapa kementerian," kata Sekda Banten Kurdi Matin.

Ia mengatakan, Banten dipilih menjadi tuan rumah pelaksanaan Pospenas dikarenakan dilihat dari berbagai aspek, diantaranya sudah memiliki fasilitas yang menunjang untuk pelaksanaan. Selain itu letak Provinsi Banten yang strategis dekat dengan bandara Internasional Soekarno Hatta.

"Pertimbangan lainnya karena Banten memiliki sejarah yang erat kaitannya dengan Pondok Pesantren. Pondok pesantren yang ada di Banten jumlahnya sangat banyak," kata Kurdi.

Menurut dia, Pemprov Banten juga harus mempersiapkan dan menghitung kebutuhan anggaran untuk penyelenggaraan kegiatan tersebut. "Kita juga harus mempersiapkan terlebih dahulu kebutuhan anggarannya. Kita harus melakukan tahapan-tahapannya, jadi harus benar-benar menghitung," kata Kurdi.

Sementara itu, Ketua Tim Vistitasi Panitia Kerja Tetap Nasional Pospenas VII Syahlan menyarankan agar dalam pelaksanaan Pospenas nantinya bisa berjalan dengan lancar dan tidak melupakan kegiatan Pospeda Banten.

Menurut dia, event nasional antar pondok pesantren tersebut akan diikuti oleh sekitar 5.000 santri dari seluruh Indonesia. "Dengan diterimanya SK Pospenas ini, Banten harus mulai melakukan persiapan-persiapan untuk tahap pelaksanaannya," kata Syahlan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Banten Opar Sohari mengaku belum mengetahui besaran kebutuhan anggaran yang harus disiapkan Pemprov Banten untuk menggelar acara Pospenas tersebut. "SK-nya aja baru turun sekarang, jadi harus dianggarkan pada tahun 2016," kata Opar.

Ia mengatakan Pospenas tersebut rencananya akan digelar pada bulan Juli 2016.

Pekan Olahraga dan Seni antar-Pondok Pesantren tingkat Nasional (Pospenas) VII tahun 2016 rencananya akan mempertandingkan 10 cabang olah raga, diantaranya atletik, bola basket, bola volley, bulu tangkis, futsal, sepak takraw, tenis meja, pencak silat, senam santri dan hadang.

Sementara sembilan cabang seni diantaranya qosidah, hadrah, stand up comedy, pidato tiga bahasa, seni lukis islami, cipta puisi, kaligrafi, kriya dan fotografi Islam. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper