Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Menjadi Pembicara Kunci Forum Asia Di China

Presiden Joko Widodo akan menjadi pembicara kunci dalam pembukaan pertemuan organisasi internasional non-pemerintah dan nirlaba Boao Forum for Asia (BFA) di International Conference Center (ICC) Boao Provinsi Hainan China pada hari ini.
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana. /Reuters-Olivia Harris
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana. /Reuters-Olivia Harris

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo akan menjadi pembicara kunci dalam pembukaan pertemuan organisasi internasional non-pemerintah dan nirlaba Boao Forum for Asia (BFA) di International Conference Center (ICC) Boao Provinsi Hainan China pada hari ini Sabtu (28/3/2015).

Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Jokowi akan bicara di hadapan forum dialog yang dihadiri oleh 13 kepala negara atau delegasi, para chief executive officer, pebisnis, pelaku industri dan akademisi mengenai isu-isu penting di Asia. Anggota forum tidak hanya berasal dari Asia saja tetapi juga dari luar benua.

Belum diketahui materi apa saja yang akan disampaikan Presiden Jokowi. Forum ini dijadwalkan dihadiri oleh Presiden China Xi Jinping. Sejumlah kepala pemerintahan negara lain yang hadir di antaranya Austria, Belanda, Uni Emirat Arab dan Zambia bahkan tadi malam Jokowi dikabarkan sudah bertemu dengan PM Belanda Mark Rutte.

BFA digagas pada 1998 oleh Mantan Presiden Filipina Fidel Ramos VMantan Perdana Menteri Australia Bob Hawke dan Mantan Perdana Menteri Jepang Morihiro Hosokawa. Secara resmi dibuka pada 27 Februari 2001 dan menetapkan Boao, Provinsi Hainan, China sebagai pusat kegiatan. BFA pertama kali digelar pada tahun 2002.

Menjadi pembicara di BFA ini merupakan rangkaian kunjungan kenegaraan dan kunjungan kerja Presiden Jokowi di China. Rencananya Presiden akan kembali ke tanah air pada Minggu (29/3/2015) petang setelah menghadiri pemakaman kenegaraan Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew.

Setiap tahunnya BFA dihadiri oleh lebih dari 2000 peserta, yang terdiri dari pemimpinan negara/pemerintahan, CEO, dan pakar ekonomi. Tahun ini BFA bertemakan Asia’s New Future: Towards a Community of Common Destiny.

Apa yang akan dibicarakan oleh Jokowi dalam forum ekonomi ini? []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper