Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nelayan Tangkap Bawal Sepanjang 3 Meter & Berat 300 Kg

Nelayan di Desa Banua Baru Hulu Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, menemukan ikan bawal berukuran raksasa dengan ukuran lebar 3 meter dan bobot berat lebih 300 kilogram.
Memancing/valleyrodgun.com
Memancing/valleyrodgun.com

Kabar24.com, SANGATTA — Nelayan di Desa Banua Baru Hulu Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, menemukan ikan bawal berukuran raksasa dengan ukuran lebar 3 meter dan bobot berat lebih 300 kilogram.

Ikan bawal raksasa atau ikan mola atau sunfish yang berukuran lebar badannya 3 meter dan beratnya lebih dari 300 kilogram itu ditangkap nelayan setempat di sekitar perairan teluk Sangkulirang.

"Penangkapan ikan raksasa ini membuat warga setempat heboh, karena baru pertama kali dalam sejarah nelayan Sangkulirang yang sudah berumur ratusan tahun," kata Camat Kecamatan Sangkulirang, Tajuddin.

Menurut Camat Tajuddin, dengan penemuan ikan berukuran besar di Desa Benua Baru hulu, Kamis (26/3/2015), sekitar pukul 16.00 WITA itu, sontak membuat ramai dan heboh warga satu kampung dan bahkan sekarang menyebar ke desa tetangga.

"Saat ini ikan bawal yang diperkirakan sudah berumur puluhan tahun itu masih dijemur warga untuk dikeringkan," kata Camat Tajuddin.

Mengapung

Camat Tajuddin mengatakan awalnya para nelayan yang berjumlah beberapa orang ke laut ingin melihat trol penangkap ikan. Saat tiba di lokasi yang dituju, mereka melihat sesuatu tersangkut dan mengambang di alat tangkap trol.

Saat ditemukan kondisi ikan sudah mengapung terlilit trol, lalu ditarik ke darat menggunakan perahu motor.

"Sekarang ikannya dijemur nelayan dan jadi tontonan. Warga enggan memakannya takut keracunan," kata Tajuddin.

Salah seorang warga Desa Benua Baru Hulu, Hidayah, saat dihubungi mengatakan heran dengan ditemukannya ikan besar itu. Karena sejak dirinya lahir di Sangkulirang 50 tahun lalu baru kali ini melihat ikan paling besar.

"Umur saya sekarang sudah 50 tahun, tapi tidak pernah melihat ikan sebesar ini. Saya benar-benar kagum dengan kebesaran Allah," kata Hidayah melalui pesan singkatnya.

Diceritakan Hidayah, bersama warga sekitar, saat mendengar ikan besar ditangkap, ia tidak percaya. Tetapi setelah warga ramai-ramai lari ingin melihat, ternyata benar ada.

"Ikan bawal besar itu sekarang jadi tontonan warga desa," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper