Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penembakan Personel TNI di Aceh, JK Sebut Kriminal Murni

Wakil Presiden Jusuf Kalla menuturkan tewasnya dua orang personel TNI Angkatan Darat Kodim 0103 Kabupaten Aceh Utara di Dusun Alue Mbang, Desa Alue Papeun, Aceh Utara merupakan peristiwa kriminal murni.

Bisnis.com, JAKARTA--Wakil Presiden Jusuf Kalla menuturkan tewasnya dua orang personel TNI Angkatan Darat Kodim 0103 Kabupaten Aceh Utara di Dusun Alue Mbang, Desa Alue Papeun, Aceh Utara merupakan peristiwa kriminal murni.

JK mengaku telah berkomunikasi dengan Kepala Kepolisian RI yang untuk sementara dijabat oleh Komjen Pol. Badrodin Haiti untuk memastikan peristiwa dan modus penembakan yang menewaskan dua anggota TNI AD di Aceh.

"Itu lebih ke kriminal sebenarnya. Saya cek ke Kapolri, intinya seperti itu. Yang satu tentang narkoba, kriminal juga kan," kata JK di kantor Wapres, Jumat (27/3/2015).

Penembakan, imbuhnya, dilakukan seiring dengan aksi perampokan. Adapun senjata M-16 dan AK 47 yang diduga digunakan untuk aksi kriminal tersebut diperkirakan merupakan senjata lama.

"Ada oknum yang merampok pakai senjata, mungkin ada senjata lama dipakai itu," ujarnya.

Seperti diberitakan, dua anggota Kodim 0103 Kabupaten Aceh Utara bernama Sersan Satu Indra Irawan (41) dan Sersan Hendri (36) dikabarkan diculik oleh belasan anggota dari kelompok bersenjata di Dusun Alue Mbang, Desa Alue Papeun, Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara, Nangroe Aceh Darussalam pada Senin (23/3).

Kedua personel TNI AD itu dikabarkan diculik setelah mobil yang dikendarai mereka ditemukan tanpa penumpang di kawasan sepi di pedalaman Aceh Utara.

Keesokan harinya, pada Selasa (25/3), tim Satuan Intelkam dan Satuan Narkoba Polres Lhokseumawe menemukan dua mayat pria di Desa Bate Pileh. Posisi mayat tertelungkup dengan tangan terikat.

Setelah dicek, dua mayat itu ternyata anggota TNI Angkatan Darat yang bertugas di Unit Intel Kodim 01013 yang hilang pada Senin (23/3). Luka tembak ditemukan di tubuh kedua mayat. Petugas juga menemukan 12 butir selongsong AK 47 dan 3 butir selongsong jenis M-16.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper