Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UJIAN NASIONAL 2015: 30 Sekolah di DKI Akan Secara Online, Inilah Daftar Lengkap

Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyatakan sebanyak 30 sekolah di wilayah Provinsi DKI Jakarta akan melaksanakan ujian nasional dengan sistem Computer Based Test (CBT) atau secara online.
Ilustrasi Ujian Nasional berbasis online/Beritajakarta.com
Ilustrasi Ujian Nasional berbasis online/Beritajakarta.com

Bisnis.com, JAKARTA - Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyatakan sebanyak 30 sekolah di wilayah Provinsi DKI Jakarta akan melaksanakan ujian nasional dengan sistem Computer Based Test (CBT) atau secara online.

"Sebelum dilaksanakan, sekolah-sekolah itu sudah melakukan latihan secara offline terlebih dahulu. Latihan akan dilaksanakan sampai 30 Maret 2015," kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Arie Budhiman di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, latihan tersebut diselenggarakan agar para siswa tidak canggung saat melaksanakan ujian dengan sistem CBT. Dia pun mengatakan sekolah yang dinyatakan siap melaksanakan UN online adalah sekolah yang memiliki komputer dengan rasio satu komputer untuk tiga siswa.

"Selain itu, jaringan internet di sekolah tersebut juga harus lancar, tidak boleh terhambat apa pun. Kalau jaringannya lambat atau putus-putus, maka akan berdampak pada proses pengerjaan soal oleh siswa," ujar Arie.

Dia menuturkan sekolah-sekolah yang dapat melaksanakan ujian dengan sistem CBT itu ditentukan secara langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sementara itu, Dinas Pendidikan DKI hanya ikut membantu.

"Untuk sekolah-sekolah lain yang belum siap melaksanakan UN online, maka akan tetap diselenggaran UN secara manual, yakni dengan menggunakan naskah-naskah kertas soal," tutur Arie.

Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan DKI, sebanyak 30 sekolah yang akan melaksanakan UN secara online itu terdiri dari 26 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), tiga Sekolah Menengah Atas (SMA) dan satu Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Sebanyak 26 SMK itu, antara lain SMKN 1, SMKN 3, SMKN 14, SMKN 19, SMKN 35, SMKN 45, SMKN 4, SMKN 12, SMKN 49, SMKN 56, SMKN 6, SMKN 8, SMKN 18, SMKN 28, SMKN 41, SMKN 43, SMKN 57, SMKN 5, SMKN 10, SMKN 22, SMKN 26, SMKN 46, SMKN 48, SMKN 50, SMKN 51 dan SMKN 39.

Untuk tingkat SMA, yakni SMAN 30, SMAN 70 dan SMAN 78. Sedangkan, tingkat SMP, yaitu SMP Penabur 2.

- UJIAN NASIONAL SMP/SMA/SMK: Mau Tahu Informasi UN?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper