Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Petakan Lokasi Investasi di Jateng

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahun ini bakal fokus melakukan pembagian daerah untuk difungsikan sebagai lahan investasi sesuai dengan potensi masing-masing wilayah.
 Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahun ini bakal fokus melakukan pembagian daerah untuk difungsikan sebagai lahan investasi sesuai dengan potensi masing-masing wilayah. 

Kepala Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan selama ini daerah yang diincar oleh investor belum terbagi secara jelas, sehingga menimbulkan kebingungan bagi pelaku usaha yang hendak masuk ke Jateng.
 
Dirinya mencontohkan di Kota Semarang dan sekitarnya cocok untuk industri manufaktur dan jasa. Di Temanggung untuk industri berbasis holtikultura dan pariwisata. Sementara di bagian selatan Jateng untuk industri energi, pengolahan dan perkebunan. Dengan pembagian daerah investasi, ketika investor datang tidak lagi bicara mengenai potensi, tetapi langsung bicara mengenai aspek pengembangan.
 
“Pembagian daerah itu penting untuk mendeteksi wilayah mana yang bisa dimasuki untuk investor,” papar Sujarwanto, Selasa (17/3/2015). 
 
Menanggapi soal pembagian konsentrasi daerah investasi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengarahkan agar BPMD berkomunikasi dengan pemerintah kabupaten/ kota mengenai konsep land banking (pemerintah menanamkan investasi dalam bentuk tanah). Saat menawarkan ke investor, ujarnya, pemerintah sudah memiliki zonasi. Selanjutnya, perizinan yang sering menuai komplain mesti dibereskan.
 
“Pertama land banking mesti ada. Mesti dibuat. Kemudian perizinan semua komplain kurang cepet. Yang ketiga, seluruh potensi mesti ada potret yang clear. Potret yang clear itu adalah menunjuk titik-titik tertentu, ini untuk apa, ini untuk apa, jumlahnya berapa. Peta itu tinggal dimunculkan. BPMD provinsi berkomunikasi dengan kabupaten/ kota biar sinkron. Toh sebenarnya tempatnya disana. Kita mau fasilitasi. Sekarang kita dorong untuk membuka itu dengan gampang,” terangnya.
 
Mengenai masalah ketersediaan air, Ganjar berpendapat justru bisa jadi potensi bisnis baru. Pasalnya, masuknya PT Kawasan Industri Jababeka sudah captive/jelas. Untuk menyediakannya, bisa mengundang perusahaan-perusahaan air berkelas regional, nasional maupun dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper