Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Menghindar dari Kejaran Begal Motor

Aksi begal masih menjadi bahan perbincangan di jejaring sosial, terutama di lingkungan warga Tangerang Selatan yang sering melewati jalan yang ditengarai rawan pembegalan.
Razia Motor/Antara
Razia Motor/Antara

Bisnis.com, TANGSEL- Aksi begal masih menjadi bahan perbincangan di jejaring sosial, terutama di lingkungan warga Tangerang Selatan yang sering melewati jalan yang ditengarai rawan pembegalan.

Di antara materi perbincangan di jejaring sosial yang cukup menarik adalah tip menghindari begal yang bersumber dari mantan pembegal era tahun 1990-2000an yang sudah insaf setelah beristri dan punya anak.

Cara menghindar ketika dikejar oleh begal:

1. Selalu memantau gerakan begal melalui spion, jangan lepas konsentrasi dari kondisi jalan di depan anda. Sebab, biasanya para begal sudah hafal dengan kondisi medan tempat mereka beraksi. 

2. Jangan pernah membiarkan begal melewati motor anda. Kalau berani, pepetlah ban depan motor milik begal dengan ban belakang motor anda, atau tendang ban depan atau bagian shock depannya. Begal saat beraksi selalu full adrenaline, satu sentuhan keras bisa mempengaruhi kemampuan handlingnya.   

3.Jangan berikan ruang luas di samping. Selalu saja pepet dan jangan berikan ruang untuk pembegal mengambil jarak.  

4. Jangan terpancing berhenti di kerumunan orang atau warung yang terlihat ramai, karena biasanya itu komplotan mereka juga yang menunggu. Sebaiknya cari Pos Polisi, pom bensin, minimarket atau komplek perumahan yang ada penjaganya. Begal sangat menghindari lokasi-lokasi yang kemungkinan ada CCTV.    

5. Posisikan badan membungkuk (gaya pembalap) agar begal tidak mudah untuk memukul atau menebas, dan berkendara dengan kencang dan zigzag.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper