Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KOPERTIS I SUMUT: 2.900 Mahasiswa PTS Peroleh Beasiswa

Sebanyak 2.900 mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kopertis Wilayah I Sumatera Utara akan mendapat bantuan bea siswa dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
Kopertis Wilayah I tetap melakukan pengawasan langsung terhadap mahasiswa yang diusulkan PTS. /Bisnis.com
Kopertis Wilayah I tetap melakukan pengawasan langsung terhadap mahasiswa yang diusulkan PTS. /Bisnis.com

Kabar24.com, MEDAN - Sebanyak 2.900 mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kopertis Wilayah I Sumatera Utara akan mendapat bantuan beasiswa dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

"Bantuan beasiswa tersebut dari Program Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Bantuan Biaya Pendidikan (BPP) Dikti tahun 2015," kata Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto di Medan, Kamis (26/2/2015).

Mahasiswa yang akan diberikan mahasiswa tersebut, menurut dia, yang telah memenuhi kriteria dan persyaratan ditentukan oleh Ditjen Dikti. "Jadi, mahasiswa yang diusulkan PTS adalah sesuai ketentuan yang diberikan Dikti dan jangan yang tidak memenuhi persyaratan," ujarnya.

Dian menyebutkan dalam pengusulan dan pemberian bantuan mahasiswa yang kuliah di PTS, tetap diawasi secara ekstraketat dan sehingga tidak ada ditemui adanya permainan.

Bahkan, dalam pemberian beasisawa itu, Kopertis Wilayah I tetap melakukan pengawasan langsung terhadap mahasiswa yang diusulkan PTS. "Kita benar-benar menyeleksi mahasiswa yang akan mendapatkan bantuan dana pemerintah yang diserahkan melalui Ditjen Dikti," kata dosen Universitas Negeri Medan (Unimed).

Dia menjelaskan, bantuan kepada mahasiswa tersebut, karena dinilai memiliki prestasi akademik yang tinggi, cerdas, dan mempunyai etika yang baik. "Bantuan untuk mahasiswa yang kuliah di PTS itu, akan disalurkan melalui rekening masing-masing dan dapat digunakan sesuai dengan ketentuan," ucapnya.

Ketika ditanya berapa jumlah PTS yang akan mendapatkan bantuan beasiswa mahasiswa, Dian mengatakan dari 261 PTS yang terdaftar di Kopertis Wilayah I, diperkirakan ada 200 PTS mendapat bantuan.

"Jumlah PTS yang mendapat bantuan beasiswa pada 2015 cukup meningkat bila dibandingkan 2014, hanya sebanyak 180 PTS dan dengan jumlah 4.300 mahasiswa," kata Koordinator Kopertis. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper