Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

China-Korsel Mulai Bahas Perdagangan Bebas

Pemerintah Korea Selatan (Korsel) menyatakan telah memulai diskusi kesepakatan bilateral perdagangan bebas dengan China, dan menargetkan implementasi perjanjian tersebut pertengahan tahun ini.
ilustrasi
ilustrasi

Kabar24.com, SEOUL – Pemerintah Korea Selatan (Korsel) menyatakan telah memulai diskusi kesepakatan bilateral perdagangan bebas dengan China, dan menargetkan implementasi perjanjian tersebut pertengahan tahun ini.

“Kami dan China telah menyelesaikan tahap awal proses kesepakatan perdagangan bebas,” ungkap dewan pemerintah Korsel seperti dikutip Reuters, Rabu (25/2).

Ide implementasi kesepakatan perdagangan bebas pertama kali muncul saat Pemerintah Korsel dan China menggelar pertemuan bilateral November 2014 lalu.

Jika diimplementasikan, kesepakatan tersebut akan secara signifikan mengurangi hambatan dalam aktivitas perdagangan (trade barriers) dan investasi antara dua negara Asia Timur tersebut.

Di sisi lain, saat ini pembahasan masih belum menyentuh isu sensitif seperti ekspor barang-barang otomotif dan beras, mengingat Korsel dan China selama ini bersaing ketat sebagai eksportir otomotif dan pangan utama tersebut.

Negeri Ginseng pun saat ini tengah mempertimbangkan untuk bergabung pada kesepakatan perdagangan bebas Trans-Pacific Partnership (TPP) yang diusung Amerika Serikat dan melibatkan 12 negara, namun pemerintah mengaku belum mencapai keputusan final. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Rustam Agus
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper