Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 8 Makanan yang Turunkan Kecerdasan Otak

Ada beberapa makanan yang dapat menurunkan kinerja otak, yang akhirnya bisa mengganggu kecerdasan seseorang.
Alkohol/Bisnis.com
Alkohol/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA--Makanan yang dikonsumsi berpengaruh terhadap tubuh, baik secara langsung atau tidak, dan bahkan otak sebagai pusat ingatan juga sangat membutuhkan nutrisi dari makanan itu.

Namun, ada beberapa makanan yang dapat menurunkan kinerja otak, yang akhirnya bisa mengganggu kecerdasan seseorang.

AIG Group-Home Appliances dengan mengutip boldsky mengungkapkan tentang daftar makanan yang dapat menurunkan kecerdasan otak, dalam siaran pers yang diterima Bisnia.com, Senin (23/2/2015). Jenis makanan itu adalah:

1. Gula
Gula merupakan produk yang sering digunakan, baik untuk makanan maupun minuman. Namun, kelebihan mengkonsumsi gula dapat mengakibatkan komplikasi pada tubuh. Maka lebih baik kurangi konsumsi gula.

2. Makanan yang digoreng
Banyak makanan yang diolah dengan cara digoreng dan tidak salah mengkonsumsinya. Tetapi, jika berlebihan, maka lemak dalam makanan yang digoreng bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

3. Makanan siap saji
Banyak diantara kita yang pernah memakan makanan cepat saji, diantaranya sosis dan cornet. Walaupun tahu makanan itu diberi beragam tambahan seperti pengawet, yang bisa menyebabkan penyakit degeneratif yakni alzheimers.

4. Junk Food
Pekerja kantoran sering memakan makanan “junk food,” apalagi ditambah dengan duduk berlama-lama di kursi. Tetapi jenis makanan itu tidak dianjurkan bagi mereka yang menginginkan kesehatan otak secara maksimal.

5. Kaya garam
Tanpa garam makanan akan terasa hambar. Tetapi,  jika kelebihan garam, makanan akan menjadi tidak sehat. Garam bisa menyebabkan kecerdasan berkurang, serta memudahkan kita menjadi lupa ingatan.

6. Makanan berpotein yang diawetkan
Sama seperti yang di atas disebutkan, sosis maupun kornet merupakan turunan daging yang diawetkan. Makanan tinggi protein tersebut justru dapat merusak sel-sel otak.

7. Alkohol
Tidak sedikit minuman beralkohol membuat penikmatnya hilang ingatan, bahkan tidak sadarkan diri dan mabuk. Jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, maka alkohol dapat merusak kerja sistem otak.

8. Pemanis buatan
Sementara itu banyak orang menggunakan pemanis buatan sebagai pengganti gula. Padahal jika dikonsumsi secara terus menerus, maka gula buatan ini bisa membuat kerja otak tidak normal.

Pilihan ada di tangan anda, ingin tetap cerdas atau tidak. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper