Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siap Bertarung di MEA, Kaltim Godok Komoditas Unggulan

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur tengah menggodok komoditas unggulan di tiap-tiap kabupaten dan kota guna mematangkan persiapan dalam menghadapi MEA 2015.
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, BALIKPAPAN—Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur tengah menggodok komoditas unggulan di tiap-tiap kabupaten dan kota guna mematangkan persiapan dalam menghadapi MEA 2015.

“Beberapa daerah sudah mengajukan komoditas unggulan. Tapi akan kami kaji lagi, karena per daerah belum tentu hanya satu komoditas unggulannya, bisa jadi dua atau lebih,” tutur Kepala Dinas Industri Perdagangan dan Koperasi Kalimantan Timur Ichwansyah kepada Bisnis, Senin (23/2/2015).

Nantinya, lanjut Ichwansyah, komoditas-komoditas unggulan per daerah tersebut akan disinkronisasikan agar pengkajian standarisasi baik dari kegiatan industri maupun hasil industri dapat dilakukan lebih mudah.

“Dengan standarisasi itu nantinya produk olahannya kan dapat diterima di semua pasaran, jadi standarisasi itu akses ke pasar bebas,” lanjutnya.

Sebelumnya, guna mematangkan kesiapan seluruh sektor industri di Kalimantan Timur untuk menghadapi MEA 2015, Pemprov Kaltim menggelar rapat koordinasi penyusunan program dan kegiatan sektor industri, perdagangan, dan koperasi di Balikpapan, hari ini (23/2/2015).

“Kami mengundang Badan Standarisasi Nasional, karena menghadapi MEA ini sudah pasti terkait dengan standarisasi,” tukas Ichwansyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper