Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Yayasan Al Ikhlas Bintaro Bina Karakter Anak dan Remaja dengan Alquran

Pembinaan karakter bagi anak-anak dan remaja dapat dilakukan dengan mengajari mereka membaca Al Quran yang mudah dan praktis didampingi para guru terlatih.
Pelajaran baca tulis Alquran/Antara
Pelajaran baca tulis Alquran/Antara

Bisnis.com, TANGSEL - Pembinaan karakter bagi anak-anak dan remaja dapat dilakukan dengan mengajari mereka membaca Alquran yang mudah dan praktis didampingi para guru terlatih.

Untuk itu Yayasan Al Ikhlas Bintaro Jaya, Tangerang Selatan menawarkan cara praktis belajar membaca Alquran untuk pemula yang disebut Metode Al Ikhlas, yang dapat dijadikan sebagai sarana pembinaan ahlak tersebut.

Dian Mardianti Ruchyat, Ketua Yayasan Al Ikhlas Bintaro Jaya, mengatakan buku Metode Al Ikhlas disusun berdasarkan pengalaman para guru mengajar di Taman Pendidikan Alquran (TPA) Al Ikhlas Bintaro Jaya sejak berdirinya pada 1989.

“Berbagai metode penah dipergunakan lebih dari 20 tahun sehingga para guru TPA Al Ikhlas dapat menemukan berbagai kendala, kemudahan dan kesulitan dalam mempelajari Al Quran yang umum terjadi pada para murid,” katanya, Jumat (20/2/2015).

Menurutnya, selain TPA Al Ikhlas tersebut Metode Al Ikhlas juga diterapkan di 12 TPA yang di sekitar Bintaro Jaya serta sejumlah majlis taklim ibu-ibu, sehingga melahirkan banyak anak, remaja dan orang dewasa lancar membaca Al Quran.

Dia menjelaskan hal itu saat acara khataman Al Quran oleh 65 peserta dari 8 TPA pengguna Metode Al Ikhlas, yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Metode Al Ikhlas di Masjid Raya Bani Umar, Pondok Aren, Bintaro Tangsel.

Sementara itu Isna Hidayati, Kepala TPA Al Ikhlas Bintaro Jaya, mengatakan kegaitan khataman Al Quran rutin diselenggarakan setiap tahun untuk memacu semangat anak-anak belajar membaca Alquran.

Peserta khataman terdiri dari tingkat dasar yaitu yang berhasil menyelesaikan belajar 4 buku Metode Al Ikhlas, tingkat menengah rampung belajar Alquran lebih dari 10 juz dan tingkat atas mengkhatamkan 30 juz Alquran.

“Seluruh peserta khataman itu mendapatkan sertifikat dan Alquran. Adapun bagi mereka yang khatam 30 juz mendapatkan Alquran tarjamah, sertifikat dan piala,” katanya.

Menurutnya, suasana khataman Alquran yang digelar di Masjid Raya Bani Umar itu cukup meriah karena seluruh peserta didampingi orang tua dan gurunya, serta hiburan marawis, karnaval di sekitar masjid dan tausiah.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper