Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa Indonesia Paling Cocok Belajar di Belanda. Ini Alasannya

Tak sedikit anak muda Indonesia punya impian menimba ilmu di luar negeri, salah satunya di Belanda. Mahasiswa Indonesia akan merasa cocok tinggal disana karena Belanda punya hubungan sejarah yang kuat dengan Indonesia.

Kabar24.com, JAKARTA—Tak sedikit anak muda Indonesia punya impian menimba ilmu di luar negeri, salah satunya di Belanda. Mahasiswa Indonesia akan merasa cocok tinggal disana karena Belanda punya hubungan sejarah yang kuat dengan Indonesia.

Semua orang tahu bahwa Belanda pernah menjajah Indonesia, tapi bukan berarti hubungan Belanda dan Indonesia saat ini tidak baik. Justru, Belanda menjadi tempat yang menyenangkan bagi orang Indonesia yang datang kesana.

“Makanan Indonesia di Belanda sangat banyak,” kata Student Counsellor Nuffic Neso Indonesia Inty Dienasari kepada Bisnis.  Nuffic Neso Indonesia adalah lembaga yang mempromosikan pendidikan tinggi Belanda di Indonesia.

Penjual makanan Indonesia di Belanda pun ada yang merupakan orang Indonesia asli, ada pula warga Belanda. Inty yang pernah mencicipi tinggal di Belanda ini juga mengaku pernah menemukan sambal yang sangat enak disana.

Lebih lanjut, orang Belanda rupanya punya pengetahuan yang cukup baik tentang Indonesia karena Indonesia masuk dalam buku sejarah mereka. Coba bandingkan dengan warga negara lain yang belum tentu tahu di mana letak Indonesia.

Inty juga menceritakan berdasarkan pengalamannya, tiga bulan belajar Bahasa Belanda sudah cukup untuk bisa berbicara dengan lancar. Bahasa Belanda tergolong mudah dipelajari bagi orang Indonesia.

Dari segi kualitas pendidikan, Belanda tak perlu diragukan lagi. Jika membandingkan biaya pendidikan di Belanda dengan negara lain yang memiliki kualitas sama, Belanda masih lebih murah. Untuk menempuh pendidikan strata 1 (S1) di Belanda, rata-rata menghabiskan dana Rp200-300 juta per tahun untuk biaya kuliah, biaya hidup, asuransi dan lain-lainnya. Sementara untuk S2, biaya yang diperlukan Rp300 juta-Rp350 juta per tahun.

Untuk tahu lebih banyak soal pendidikan tinggi di Belanda atau negara lainnya, coba datangi International Education & Training Expo 2015 di Jakarta Convention Center (JCC) pada 5-8 Februari 2015. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper