Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penduduk di 3 Provinsi Ini Paling Bahagia se-Indonesia

Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta merilis indeks kebahagiaan penduduk 2014 dan menggambarkan bahwa indeks kebahagiaan penduduk Ibu Kota melampaui angka nasional. Namun, Jakarta bukanlah provinsi dengan penduduk paling bahagia di Indonesia.
Ilustrasi/www.foxbusiness.com
Ilustrasi/www.foxbusiness.com
Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta merilis indeks kebahagiaan penduduk 2014 dan menggambarkan bahwa indeks kebahagiaan penduduk Ibu Kota melampaui angka nasional. Namun, Jakarta bukanlah provinsi dengan penduduk paling bahagia di Indonesia.
Kepala Bidang Statistik Sosial BPS DKI Jakarta Sri Santo Budi mengatakan dari survey yang dilakukan terhadap 1.129 rumah tangga, didapat indeks kebahagian penduduk Jakarta berada di angka 69,21. Angka ini, lebih besar dari indeks kebahagiaan nasional yang berada di 68,28. Kendati demikian, terdapat tiga provinsi dengan indeks kebahagiaan tertinggi.
Dari data yang dilansir BPS, tiga provinsi dengan indeks kebahagiaan tertinggi antara lain Riau di angka 72,42; Maluku dengan indeks 72,12 dan Kalimantan Timur 71,45.
"Yang belum menikah paling tidak bahagia lebih tinggi dari nasional yang 68,28. Tapi Riau, Maluku dan Kalimantan Timur tiga provinsi yang indeks kebahagiaannya tertinggi," ujarnya di Kantor BPS DKI saat konferensi pers, Kamis (5/2/2015).
Lebih lanjut semakin angkanya mendekati 100, semakin bahagia pula penduduknya.

Adapun, aspek yang menggambarkan indeks kebahagiaan berdasarkan kepuasan terhadap kesehatan, pendidikan, pekerjaan, pendapatan rumah tangga, keharmonisan keluarga, ketersediaan waktu luang, hubungan sosial, kondisi rumah dan aset, keadaan lingkungan dan kondisi keamanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper