Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perbankan Diminta Tingkatkan Penyaluran KUR di Padang

Perbankan diminta meningkatkan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) untuk mendorong peningkatan pertumbuhan UMKM sebagai penopang perekonomian daerah.
Menghitung rupiah.  Perbankan diminta tingkatkan penyaluran KUR di Padang/Bisnis
Menghitung rupiah. Perbankan diminta tingkatkan penyaluran KUR di Padang/Bisnis

Kabar24.com, PADANG—Perbankan diminta meningkatkan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) untuk mendorong peningkatan pertumbuhan UMKM sebagai penopang perekonomian daerah.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumatra Barat Achmad Charisma meminta perbankan meningkatkan penyaluran KUR di daerah tersebut untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

“Kalau di Sumbar, debitur yang menerima KUR baru sekitar 150.000 orang, baru sekitar 25% dari jumlah UMKM di Sumbar,” katanya, Kamis (29/1/2015).

Padahal, katanya, program KUR di daerah itu sudah dimulai sejak 2007. Bahkan Achmad menyebutkan antisiasme masyarakat setempat untuk mendapatkan kredit tersebut terbilang tinggi.

Apalagi, sektor UMKM merupakan penopang utama perekonomian Sumbar selain sektor pertanian dan perkebunan.

Dia mengatakan saat ini jumlah UMKM di Sumbar mencapai 501.000 unit yang sebagian besar bergerak di sektor industri makanan, pengolahan, dan perdagangan.

Ketatnya tekanan ekonomi dalam negeri dan krisis ekonomi global, menyebabkan perbankan semakin prudent menyalurkan kredit, termasuk untuk penyaluran KUR. Akibatnya, UMKM sulit tumbuh karena keterbatasan modal.

Achmad menyebutkan lembaganya meningkatkan sosialisasi dan fasilitasi bagi UMKM untuk mendapatkan kucuran kredit bagi pengembangan usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper