Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tebing Desa Longsor, Ratusan Warga Wonosobo Mengungsi

Tebing longsor di Desa Garung Lor, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, mengakibatkan jalan desa tertutup dan ratusan warga mengungsi ke Balai Dusun Garung Cangak.
Bencana longsor/Ilustrasi-Antara
Bencana longsor/Ilustrasi-Antara

Bisnis.com, WONOSOBO - Tebing longsor di Desa Garung Lor, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, mengakibatkan jalan desa tertutup dan ratusan warga mengungsi ke Balai Dusun Garung Cangak.

Koordinator Tim SAR Kabupaten Wonosobo Muhail di Wonosobo, Jawa Tengah, Minggu (25/1/2015) mengatakan tebing longsor setinggi 20 meter dengan lebar 20 meter tersebut merupakan tanah milik Perum Perhutani.

"Tidak ada korban jiwa maupun harta pada musibah yang terjadi pada Sabtu (24/1) petang sekitar pukul 18.30 WIB setelah sejak siang hari turun hujan," katanya seperti dikutip dari Antara.

Diaa menuturkan longsor tersebut menutup jalan Desa Garung Lor, Kecamatan Sukoharjo, dan di bawah jalan tersebut merupakan permukiman warga.

"Karena warga khawatir terjadi longsor susulan maka sebanyak 298 jiwa dari 82 keluarga mengungsi ke daerah yang aman, yakni di Balai Dusun garung Canguk," katanya.

Dia mengatakan untuk memenuhi kebutuhan makan para pengungsi saat ini sudah ada bantuan logistik dari BPBD Provinsi Jateng dan Dinas Sosial Kabupaten Wonosobo.

Kades Garung Lor Parmin Fahmi Sahab mengatakan, hingga Minggu siang warga masih mengungsi, apalagi saat ini terjadi hujan deras, dikhawatirkan terjadi longsor susulan.

Dia mengatakan di kawasan tersebut merupakan daerah rawan longsor, pada akhir tahun 2012 di daerah tersebut juga terjadi tanah bergerak.

Menurutnya, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kalau siang hari cuaca cerah warga bisa pulang ke rumah, namun kalau malam hari harus ke tempat pengungsian guna mengantisipasi terjadi longsor susulan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Wonosobo, Agus Purnomo mengatakan Dinas Sosial Kabupaten Wonosobo sudah menyalurkan logistik agar para pengungsi tidak kelaparan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper