Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FPI Minta Ahok Dihadirkan Sebagai Saksi

Dua anggota Front Pembela Islam (FPI), terdakwa kasus kericuhan di depan Gedung DPRD DKI, Habib Shabudin Anggawi dan Novel Bamukmin minta majelis hakim menghadirkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai saksi dalam persidangan.
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA--Dua anggota Front Pembela Islam (FPI), terdakwa kasus kericuhan di depan Gedung DPRD DKI, Habib Shabudin Anggawi dan Novel Bamukmin minta majelis hakim menghadirkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai saksi dalam persidangan.

"Kami mohonkan kalau menyangkut masalah saksi, kami inginkan Ahok hadir di sini," ujar Shabudin dalam sidang di PNJakarta Pusat, tulis Antara, Rabu.

Hal itu dinyatakan oleh Shabudin saat mengajukan eksepsi secara lisan terhadap dakwaan jaksa.

Shabudin menyatakan bahwa Ahok merupakan sumber permasalahan yang memicu terjadinya peristiwa pada Jumat (3/10) di depan Gedung DPRD DKI Jakarta, sehingga FPI merasa bahwa Ahok perlu dihadirkan di muka sidang sebagai saksi.

Kendati demikian majelis hakim yang dipimpin oleh Wiwi Suhartono, menolak eksepsi tersebut dengan alasan bahwa kedua terdakwa mengajukan eksepsi secara lisan.

Sidang kasus kericuhan di depan Gedung DPRD DKI Jakarta ini akan kembali digelar pad Rabu (28/1) depan dengan agenda pembuktian.

Jaksa Penuntut Umum mendakwa Habib Shabudin Anggawi dan Novel Bamukmin dengan Pasal 160 juncto Pasal 55 KUHP tentang penghasutan dengan ancaman kurungan selama 6 tahun, ditambah dengan Pasal 214 KUHP tentang perbuatan melawan petugas sebagai dakwaan sekunder.

Pada Jumat (3/10), sejumlah anggota FPI berunjukrasa menolak pelantikan Ahok sebagai Gubernur menggantikan Joko Widodo (Jokowi) yang menjadi Presiden di Komplek Balaikota dan DPRD DKI Jakarta.

Aksi tersebut berujung rusuh dengan merusak fasilitas umum dan melukai 16 personil kepolisian.

Akibat perbuatan itu, polisi menetapkan 21 tersangka anggota pengunjuk rasa termasuk penanggung jawab aksi Ustad Novel Bamukmin yang sempat menghilang sebelum menyerahkan diri ke Polda Metro Jaya pada Rabu (8/10).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper