Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Okupansi Penumpang Minim, PT KAI Semarang Ubah Rute KA Kedungsepur

PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 4 Semarang mengubah rute dan jadwal perjalanan (mereruting) KA Kedungsepur karena dinilai belum sesuai dengan target okupansi di angka 40%.
Deretan gerbong dan lokomotif kereta api/bisnis.com
Deretan gerbong dan lokomotif kereta api/bisnis.com

Bisnis.com, SEMARANG - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 4 Semarang mengubah rute dan jadwal perjalanan (mereruting) KA Kedungsepur karena dinilai belum sesuai dengan target okupansi di angka 40%.

Manager Humas PT KAI Daops 4 Semarang Suprapto memaparkan perubahan jadwal dan rute KA Kedungsepur berlaku pada 1 Februari 2015. Dia mengakui sejak diluncurkan pada 28 September 2014 hingga sekarang, okupansi KA Kedungsepur masih belum sesuai harapan yaitu di bawah 40%.

"Rute KA Kedungsepur yg baru ini, nantinya akan melayani rute dari Semarang Poncol menuju Ngrombo Purwodadi, sebelumnya Weleri - Semarang Poncol - Gubug Purwodadi," ujar Suprapto, Selasa (20/1/2015). 

Menurutnya, ada beberapa dasar pertimbangan yang menjadi bahan pertimbangan bagi pihak PT KAI Daops 4 Semarang mengambil langkah ini, di antaranya:

1). Pihak PT KAI Daop 4 semarang sedang membidik potensi angkutan penumpang di wilayah Sedadi dan Ngrombo yang sangat potensial.
2). Untuk wilayah Semarang Poncol menuju Weleri, saat ini sudah dilayani oleh tujuh perjalanan kereta api, diantaranya : empat perjalanan KA Kaligung Mas (Semarang Poncol - Tegal)  dan tiga perjalanan KA Kamandaka (Semarang Tawang - Tegal - Purwokerto).
3). Sejak diluncurkannya KA Kedungsepur, untuk wilayah Mangkang dan Kaliwungu, animo masyarakat di kawasan ini untuk menggunakan transportasi kereta api komuter masih kurang.
4). Reruting ini akan menjadikan fungsi KA Kedungsepur sebagai ka komuter semakin terintegral dengan kereta api lainnya seperti KA Kaligung Mas, KA Blora Jaya dan KA Kamandaka.

Rangkaian KA Kedungsepur menggunakan rangkaian satu set kereta diesel (empat gerbong kereta rel diesel elektrik) dengan kapasitas 200 penumpang. Adapun tarif yang digunakan selama masa promosi ini merupakan tarif flat (jauh - dekat sama) sebesar Rp15.000 /penumpang. Waktu tempuh KA Kedungsepur dari Semarang Poncol - Ngrombo yang berjarak 60 km  adalah rata-rata 85 menit.

“Diharapkan dengan reruting ini, KA Kedungsepur akan semakin diminati dan dapat memberian kontribusi nyata sebagai solusi alternatif mengurangi angka kemacetan di wilayah sekitar Semarang,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper