Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga BBM Picu Ketidakpastian Iklim Usaha Kaltim

Pelaku usaha di Kalimantan Timur tengah dilanda kebingungan.
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, BALIKPAPAN – Pelaku usaha di Kalimantan Timur tengah dilanda kebingungan.

Penyebabnya, kebijakan evaluasi harga bahan bakar minyak bersubsidi setiap dua minggu sekali justru membuat iklim investasi menjadi tidak jelas.

Selain itu, fluktuasi harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dalam waktu yang relatif singkat tidak berdampak signfikan pada penurunan harga barang-barang. Sebaliknya, kondisi tersebut mendorong terbentuknya harga kestabilan yang tinggi.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kaltim Slamet Brotosiswoyo mengatakan harga BBM bersubsidi masih menjadi salah satu komponen yang dipertimbangkan menentukan sebuah kebijakan investasi.

Jika harga BBM ini tidak stabil, tentu iklim investasi juga akan terganggu.

“Daya saing industri bisa terpukul akibat harga BBM yang fluktuatif ini. harga-harga akan stabil tinggi, kecil kemungkinan akan turun,” katanya kepada Bisnis, jumat (16/1/2015).

Slamet menyarankan agar pemerintah membentuk harga tengah yang berlaku untuk periode satu tahun. Harga tengah ini, ungkapnya, tidak akan terpegaruh oleh  fluktuasi harga minyak dunia yang sedang terjadi.

Skema ini, sebutnya, lebih memberikan kepastian investasi kepada pelaku usaha dibandingkan dengan kebijakan evaluasi harga tiap dua minggu.

Selain itu, harga barang-barang produksi juga akan stabil dan pelaku usaha dapat dengan mudah menentukan arah kebijakan usahanya.

“Sebaiknya pemerintah memberlakukan skema ini [harga tengah] sehingga jelas, tidak membingungkan dan memberi kepastian iklim investasi,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper