Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

India Pangkas Suku Bunga

Untuk pertama kalinya sejak Mei 2013 Reserve Bank in India (RBI) akhirnya memangkas tingkat suku bunga ke tingkat 7,75% dari sebelumnya 8%, setelah data indeks harga konsumen dan produsen konsisten menunjukkan penurunan beberapa bulan terakhir.

Bisnis.com, NEW DELHI – Untuk pertama kalinya sejak Mei 2013 Reserve Bank in India (RBI) akhirnya memangkas tingkat suku bunga ke tingkat 7,75% dari sebelumnya 8%, setelah data indeks harga konsumen dan produsen konsisten menunjukkan penurunan beberapa bulan terakhir.

Gubernur RBI Raghuram Rajan tiba-tiba memutuskan pemangkasan sebesar 25 basis poin tersebut, setelah didesak kanan-kiri sejak paruh kedua tahun lalu. Bank sental sebelumnya dijadwalkan menggelar pertemuan rutin membahas kebijakan moneter 3 Februari mendatang.

“Data-data menunjukkan risiko disinflasi mengancam perekonomian, sehingga kami harus melonggarkan kebijakan,” ungkap Rajan di New Delhi, Kamis (15/1).

Penurunan suku bunga diharapkan dapat meningkatkan belanja domestik yang berkontribusi 60% terhadap produk domestik bruto (PDB).

Dia menjelaskan kebijakannya akan memberikan hasil sesuai ekspektasi jika pemerintah konsisten melakukan konsolidasi fiskal, menjaga arus pasokan, dan menjamin ketersediaan input-input utama kehidupan warga seperti lahan, listrik, dan infrastruktur.

Seperti diketahui, data inflasi Desember menunjukkan kenaikan 5% (year-on-year), lebih rendah dari target pemerintah yang menginginkan inflasi berada di level 6% pada Januari ini. Di sat yang sama indeks harga grosir naik 0,11% (yoy), laju terendah sejak September 2009.

Saat menetapkan target inflasi 6% pada Januari 2015, Rajan tidak memperkirakan perlemahan harga minyak dunia akan ‘membantu’ dia lebih cepat mencapai inflasi di kisaran 5% mengingat pada awal 2014 lalu inflasi India ogah turun dari level 8%.

Sejak diamanahkan menjadi Gubernur RBI September 2013 lalu, Rajan memang berkomitmen menjaga kestabilan inflasi India yang saat itu tengah berada di level tinggi. Pascakeputusan pemangkasan suku bunga, saham-saham India melonjak atas ekspektasi harga-harga akan terkendali.

Indeks S&P BSE naik 1,6% per siang kemarin, dan rupee menguat 0,8% terhadap dolar, paling kuat sejak November.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Rustam Agus
Sumber : Bloomberg/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper