Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gunung Sinabung Kembali Semburkan Awan Panas

Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatra Utara, kembali meletus hari ini dengan tinggi kolom mencapai 3 km yang disertai awan panas 4 km ke arah selatan.

Bisnis.com, JAKARTA -- Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatra Utara, kembali meletus hari ini dengan tinggi kolom mencapai 3 km yang disertai awan panas 4 km ke arah selatan. 

Kepala Pusat Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan letusan yang terjadi pagi tadi lebih besar dari biasanya. Namun demikian tidak ada penambahan pengungsi. 

"Berdasarkan laporan PVMBG, pada siang tadi tercatat 24 kali awan panas guguran dari puncak ke arah selatan sejauh 2-4 km dan tinggi abu 500-3.000. Terjadi 56 kali guguran dan tremor menerus. Status tetap siaga," kata Sutopo, Sabtu (3/1/2015). 

Hujan abu terjadi di Desa Payung, Tiganderket, Selandi, Juhar, dan Laubaleng yang cukup jauh jaraknya karena terbawa angin. Petugas dari BPBD dan TNI melakukan patroli sepanjang jalur sungai Lau Borus untuk antisipasi ancaman banjir lahar dingin. 

Hingga saat ini, jumlah pengungsi akibat letusan Gunung Sinabung sebanyak 2.443 jiwa (795 KK) di 7 titik pengungsian. Sejauh ini pembangunan 50 unit rumah di kawasan Siosar untuk relokasi bagi warga Desa Sukameriah, Bekerah dan Simacem telah berhasil diselesaikan. Begitu pula pembangunan jalan menuju lokasi hunian tetap telah selesai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper