Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penularan HIV Berkaitan dengan Gangguan Penularan

Orang dewasa yang terserang HIV mungkin memiliki pendengaran yang lebih buruk dibandingkan dengan orang yang tak terinfeksi virus yang menyebabkan AIDS tersebut, kata satu studi AS.
Ilustrasi HIV/AIDS
Ilustrasi HIV/AIDS

Kabar24.com, WASHINGTON--Orang dewasa yang terserang HIV mungkin memiliki pendengaran yang lebih buruk dibandingkan dengan orang yang tak terinfeksi virus yang menyebabkan AIDS tersebut, kata satu studi AS.

Untuk memastikan apakah HIV dan terapi anti-retrovirus berkaitan dengan hilangnya daya pendengaran, Peter Torre III dari Sand Diego State University, California, dan rekannya meneliti pendengaran 262 pria-117 di antara mereka positif terserang HIV, kata Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Minggu (28/12/2014 pagi.

Mereka juga meneliti 134 perempuan, 105 di antara mereka posittif terinfeksi HIV.

Rata-rata lelaki tersebut berusia 57 tahun dan perempuan itu rata-rata berumur hampir 48 tahun.

Studi itu, yang disiarkan di edisi daring jurnal AS JAMA Otolaryngology Head & Neck Surgery pada Jumat (26/12/2014), terlepas dari pajanan jangka panjang pengobatan anti-retrovirus, kandungan virus HIV, penghitungan sel CD4+ saat ini --sel kekebalan tubuh yang diserang dan dimatikan oleh HIV.

"Sepanjang pengetahuan kami, ini adalah studi pertama yang memperlihatkan bahwa orang yang positif HIV memiliki pendengaran yang lebih buruk ... setelah banyak faktor lain yang diketahui mempengaruhi pendengaran diteliti," demikian kesimpulan studi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Antara/Xinhua-OANA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper