Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PASAR KLEWER KEBAKARAN: Ini Dugaan Penyebab Kebakaran & Api Sulit Dipadamkan

PASAR KLEWER KEBAKARAN: Ini Dugaan Penyebab Kebakaran & Api Sulit Dipadamkan
Foto kebakaran Pasar Klewer yang muncul di Twitter. Sekitar 700 kios terbakar pada Sabtu 27 Desember/@SoloThok
Foto kebakaran Pasar Klewer yang muncul di Twitter. Sekitar 700 kios terbakar pada Sabtu 27 Desember/@SoloThok

Kabar24.com, JAKARTA – Pasar Klewer terbakar hebat, Sabtu (27/12/2014) malam ini. Api membakar kawasan timur pasar tersebut, tepatnya di blok E yang terhubung dengan Jl. Supit Urang yang padat kendaraan.

Atap-atap kios di lantai II tepatnya di Blok G, D, J Pasar Klewer. Sekitar tiga perempat Lantai II Pasar Klewer luluh lantak.

Hingga berita ini diturunkan kebakaran telah sampai sisi barat dan selatan pusat sandang terbesar di Indonesia.

Kios-kios di lantai II pasar tersebut terutama sisi barat, selatan hingga bagian tengah pasar telah ludes terbakar.

Ketua Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK) Kusbani mengatakan kebakaran diduga akibat korsleting di blok D.

Kebakaran Pasar Klewer juga memacetkan arus lalu lintas  di kawasan tersebut. Apalagi, lokasi Klewer berdekatan dengan Keraton Kasunanan Surakarta dan Alun-alun Utara. Di Alun-alun Utara dan Keraton Solo tengah dilangsungkan Sekaten.

Sejak Sabtu siang hingga Sabtu malam, arus lalu lintas di Solo padat. Bahkan kemacetan terjadi di mana-mana. Kondisi tersebut yang menyebabkan mobil pemadam kebakaran terhambat masuk ke lokasi kebakaran.

Demikian pula dengan jaringan listrik. Listrik di kawasan Pasar Klewer, Kauman hingga Gading dipadamkan.

700 KIOS TERBAKAR

Kebakaran terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. Hingga pukul 21.40 WIB api masih terus membakar kios-kios di Pasar klewer.

Menurut informasi dari Humas Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK), Kusbani, saat ini diperkirakan 700 kios sudah mengalami keruskaan akibat kebakaran. “Api masih berkobar dan tidak hanya membakar pasar bagian barat, sisi selatan, tapi juga sisi utara,” kata Kusbani, di sela-sela evakuasi.

Hujan rintik yang mengguyur kawasan Solo tak juga memadamkan api. Saat ini pedagang masih terus berusaha mengamankan barang dagangan. Di pasar sisi selatan, hampir separuh atap pasar di lantai 2 ambrol.

Sebagian atap bahkan sudah tinggal rangka dan berjatuhan ke bawah. Para pedagang yang panik mencoba menembus api untuk menyelamatkan barang dagangan, namun sebagian dicegah oleh aparat.

Sementara itu, di tengah upaya pemadaman kebakaran Pasar Klewer, sejumlah pedagang yang menempati kios renteng di sisi selatan pasar berusaha menyelamatkan barang dagangan.

Kios renteng ini tidak terkena api tetapi pedagang berusaha mengamankan barang dagangan mereka. Saat ini situasi pasar sangat crowded. Peugas pemadam k3bakaran sempat kesulitan mengevajuasi karena jalur evakuasi dipadati pedagang dan pengunjung yang ingin melihat kebakaran.

KRONOLOGI KEBAKARAN PASAR KLEWER

Api mulai terlihat sekitar pukul 20.00 WIB di blok tersebut. Untuk memadamkan api, petugas pemadam kebakaran mengerahkan lima mobil pemadam ke lokasi kebakaran. Namun upaya tersebut terhambat oleh macetnya jalanan Kota Solo, khususnya kawasan sekitar Pasar Klewer yang sedang padat kendaraan.

 “Karena kebetulan malam Minggu, dan ini ada Sekaten,” kata Haryani, petugas kebakaran yang meluncur ke lokasi melalui sambungan telepon dengan Solopos FM.

Api semakin membesar dan belum bisa dipadamkan hingga saat ini. Belum diketahui penyebab kebakaran. Karena lokasi sulit diakses mobil pemadam kebakaran, masyarakat setempat sudah berupaya cepat untuk mengendalikan api. (JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : JIBI/Solopos
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper