Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNPB: 6 Gunung Ini Berstatus Siaga, 14 Waspada

Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan sebanyak enam gunung api berstatus siaga dan 14 lainnya waspada.
Gunung Lokon. /Bisnis.com
Gunung Lokon. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan sebanyak enam gunung api berstatus siaga dan 14 lainnya waspada.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan keenam gunung tersebut yakni Gunung Gamalama, Gunung Slamet, Gunung Sinabung, Gunung Karangetang, Gunung Lokon, dan Gunung Soputan.

"Kenaikan status gunung ini tidak terjadi secara bersamaan tetapi tergantung pada aktivitas gunung masing-masing. Status siaga artinya gunung sedang bergerak ke arah letusan, adanya peningkatan intensif seismik, dan semua data menunjukkan aktivitas segera berlanjut ke letusan atau menuju pada keadaan yang dapat menimbulkan bencana," kata Sutopo dalam siaran pers, Sabtu (27/12/2014).

Dia menambahkan 14 gunung status Waspada adalah Gunung Raung, Gunung Sangeangapi, Gunung Rokatenda, Gunung Ibu, dan Gunung Lewotobi Perempuan. Selain itu, Gunung Gamkonora, Gunung Papandayan, Gunung Bromo, Gunung Semeru, Gunung Talang, Gunung Anak Krakatau, Gunung Marapi, Gunung Dukono, dan Gunung Kerinci.

Pihaknya menjealskan arti status Waspada adalah ada kenaikan aktivitas seismic dan kejadian vulkanik lainnya di atas level normal. Masyarakat diimbau meningkatkan kesiapsiagaan dan mematuhi rekomendasi pemerintah.

"Jangan beraktivitas di dalam radius yang telah ditetapkan. Masyarakat yang akan merayakan tahun baru dengan mendaki gunung, hendaknya mentaati larangan, tanyakan pada petugas pos pengamatan gunungapi atau BPBD setempat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper