Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sepanjang Desember 2014 Indonesia Dilanda Gempa Sebanyak 26 Kali

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan sepanjang Desember 2014, telah terjadi 26 kali gempa bumi di sejumlah daerah di Nusantara.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Kabar24.com, DEPOK— Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan sepanjang Desember 2014, telah terjadi 26 kali gempa bumi di sejumlah daerah di Nusantara.

Gempa yang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia pada bulan terakhir 2014 ini berdasarkan data BMKG adalah berkekuatan magnitudo 5,0- 6,1.

Pada bulan ini, Halmahera Barat, Maluku Utara menjadi daerah yang paling sering dilanda gempa bumi dengan total tujuh kali gempa. Gempa dengan magnitudo 6,1 di wilayah ini terjadi pada Minggu (21/12/2014) di 132 Km Barat Laut, Halmahera Barat.

Daerah dengan intensitas gempa terbanyak kedua, menurut BMKG, adalah Sulawesi Utara. Sepanjang Desember 2014, daerah ini mengalami gempa sebanyak empat kali. Kepulauan Talaud tercatat mengalami gempa sebanyak tiga kali dan Bitung satu kali.

Secara keseluruhan, data BMKG menunjukkan dari 26 kali gempa di wilayah nusantara, 22 kali di antaranya berada di daerah Indonesia timur, yakni Maluku Barat Daya, Tenggara Barat, Utara, Papua, Papua Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah.

Sementara empat gempa lainnya tercatat di wilayah barat Indonesia yakni di Aceh sebanyak dua kali, Cianjur satu kali, dan Sumatra Barat di Kepulauan Mentawai juga satu kali. Gempa di Cianjur menjadi gempa terbaru yang terjadi pada Jumat (26/12/2014). (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

Bintangi Iklan, Pendapatan Kim Soo Hyun Capai Rp1,1 Triliun

4 Langkah Menjadi Eksis di Tempat Kerja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper