Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PBB Kutuk ISIS Culik Pilot Jordania

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa, Ban Ki-moon, Rabu menyatakan keprihatinan atas ditangkapnya pilot Jordania oleh kelompok jihad Negara Islam (ISIS) setelah pesawatnya jatuh di Suriah.

Kabar24.com, NEW YORK--Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa, Ban Ki-moon, Rabu menyatakan "keprihatinan" atas ditangkapnya pilot Jordania oleh kelompok jihad Negara Islam (ISIS) setelah pesawatnya jatuh di Suriah.

Para gerilyawan dan kelompok pemantau mengatakan pesawat itu ditembak jatuh dengan rudal anti-pesawat, tetapi ini belum diverifikasi.

Ban mengutuk penculikan pilot dan meminta kelompok ISIS untuk membebaskannya.

"Sekjen mencatat dengan keprihatinan berita jatuhnya sebuah pesawat Jordania dan pilot yang sedang ditawan," kata pernyataan PBB.

"Dia mengajak para penculiknya untuk mengobati pilot sesuai dengan hukum kemanusiaan internasional."

Kelompok ISIS merilis foto-foto pilot yang ditangkap dan menunjukkan kartu militer mengidentifikasi dia sebagai Letnan Maaz al-Kassasbeh, 26 tahun.

Jordan adalah anggota kampanye udara yang dipimpin AS terhadap pejuang Negara Islam, yang telah mengambil alih wilayah besar di Suriah dan Irak.

Ban mendesak "semua pihak untuk menemukan solusi lestari untuk konflik ini." Itu adalah pesawat tempur koalisi pertama yang hilang sejak serangan udara pada ISIS dimulai di Suriah pada September.

Pesawat-pesawat tempur koalisi telah melakukan serangan reguler di sekitar Raqa, yang ISIS telah gunakan sebagai markas untuk dirinya dan menyatakan "kekhilafahan" setelah menguasai sebagian besar wilayah di Suriah dan Irak itu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Rustam Agus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper