Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Taiwan Luncurkan Kapal Peluru Kendali Terbesar

Taiwan, Selasa (23/12/2014), meluncurkan kapal peluru kendali terbesarnya saat pulau itu berusaha mencanggihkan angkatan bersenjatanya untuk menanggapi ancaman China.
Saah satu buritan dari kapal perang Taiwan./www.sino-us.com
Saah satu buritan dari kapal perang Taiwan./www.sino-us.com
 

Kabar24.com, SUAO,  Taiwan -  Taiwan, Selasa (23/12/2014), meluncurkan kapal peluru kendali terbesarnya saat pulau itu berusaha mencanggihkan angkatan bersenjatanya untuk menanggapi ancaman China.

Korvet berbobot mati 599 ton bernama "Two Chiang" --Dua Sungai-- itu adalah yang pertama dari jenisnya, yang dibuat Taiwan dan dipuji Menteri Pertahanan Yen Ming sebagai "tercepat dan paling kuat" di Asia.

Dengan bersenjatakan 16 peluru kendali, termasuk delapan rudal anti-kapal selam supersonik Hsiung-feng III (Angin Berani), kapal itu akan meningkatkan kemampuan pertahanan Taiwan menghadapi tetangga raksasanya itu, yang menganggap pulau itu adalah bagian wilayah China  yang akan disatukan kembali bila perlu dengan kekuatan militer.

"Mulai sekarang, kemampuan tempur angkatan laut akan mencapai satu tahap penting, kata Yen dalam satu acara peluncuran yang diselenggarakan di pelabuhan Suao, di daerah Yilan, Taiwan timur laut.

"Dengan rampungnya generasi baru kapal perang angkatan laut diharapkan akan menjamin keamanan di Selat Taiwan dan melindungi jalur pelayaran," tambahnya.

Laksamana Muda Wen Chen-kuo mengemukakan kepada AFP bahwa rudal supersonik itu sangat sulit dicegat.

Kapal itu menggunakan teknologi siluman untuk mengurangi pantulan gelombang radar, membuatnya sulit untuk dideteksi, dengan kecepatan maksimun 38knot perjam dan dapat menempuh jarak 3.704 km.

Kapal itu sempat berlayar sebentar Selasa untuk menunjukkan kemampuannya kepada wartawan sebelum kembali ke pelabuhannya.

Korvet itu menurut jadwal akan digelar di perairan Taiwan setelah dilakukan uji-uji coba lanjutan dan prototipe seperti itu akan diproduksi sebanyak 11 kapal oleh angkatan laut.

Peluncuran itu dilakukan setelah Kongres Amerika Serikat menyetujui satu rancangan undang-undang pekan lalu yang mengizinkan Presiden Barack Obama mengirim sampai empat pergat berpeluru kendali klas Perry ke Taipei.

"Kami menentang keras pengiriman senjata AS ke Taiwan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Qin Gang.

Hubungan antara China dan Taiwan menguat sejak Ma Ying-jeou dari Partai Kuomintang yang bersahabat dengan Tiongkok berkuasa  2008, yang meningkatkan perdagangan dan mengizinkan lebih banyak wisatawan Tiongkok ke pulau itu.

Namun, Beijing masih menolak untuk tidak menggunakan kekuatan senjata kendati Taiwan memiliki pemerintah sendiri sejak berakhir perang saudara  1949, yang menyebabkan pulau itu terus memordernisasi angkatan bersenjatanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Antara/AFP

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper