Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bali Akan Pindahkan Pelabuhan Barang ke Amed

Guna mengurangi beban kendaraan di jalur selatan, Pemda Bali akan memindahkan pelabuhan barang di Padangbai ke Amed, Kabupaten Karangasem agar kendaraan berpindah ke jalur utara.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, DENPASAR—Guna mengurangi beban kendaraan di jalur selatan, Pemda Bali akan memindahkan pelabuhan barang di Padangbai ke Amed, Kabupaten Karangasem agar kendaraan berpindah ke jalur utara.
 
Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta menuturkan usulan pemindahan itu sudah diajukan ke Kementerian Perhubungan untuk mendapatkan persetujuan.
 
“Kalau diizinkan, nanti Padangbai hanya difokuskan untuk pelabuhan penumpang agar lebih optimal pelayanan di sana. Sekarang pelabuhan itu menjadi penyeberangan untuk penumpang dan orang, nanti fokus satu saja,” jelasnya, Senin (22/12).

Selama ini, kendaraan barang logistik dari Jawa tujuan Nusa Tenggara Barat‎ (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) harus melalui Pelabuhan Gilimanuk dan melanjutkan ke Pelabuhan Padangabai sebelum menuju Pelabuhan Lembar, Lombok.

Dari Gilimanuk menuju Padangbai, kendaraan-kendaraan pengangkut logistik melewati jalur Bali Selatan, sehingga sering menyebabkan kemacetan karena jalurnya sempit dan berliku-liku.
 
Dengan memindahkan ke Amed, nantinya jalur kendaraan logistik akan dialihkan melalui jalur Bali Utara melewati Singaraja dan langsung menuju Karangasem.

Dengan cara ini diyakini beban jalur Bali Selatan secara otomatis akan berkurang sehingga kemacetan dan arus logistik barang menuju Denpasar lebih cepat.
 
Menurutnya, rencana pemindahan itu sudah dipertimbangkan secara matang oleh Pemda Bali dan telah disetujui Pemkab Karangasem.

Lebih lanjut dijelaskan, feasibility study (FS) lokasi pelabuhan sudah ada, dan saat ini ‎detail engineering desain (DED) dalam proses penyempurnaan di beberapa bagian.
 
Diharapkan jika izin dari Kementerian Perhubungan turun pada tahun depan, proyek fisik pelabuhan dapat dimulai 2016 sehingga lebih cepat dapat dioperasikan.
 
Pemindahan pelabuhan khusus barang ke lokasi baru diyakini tidak hanya akan mengurangi beban di jalur selatan, tetapi juga membantu mengatasi terbatasnya kapasitas Pelabuhan Padangbai.

Sayangnya, Sudikerta mengaku tidak ingat besaran dana yang dibutuhkan guna pembangunan pelabuhan baru.

Dia menegaskan bahwa proyek tersebut diharapkan dibiayai secara bersama-sama antara Pemda Bali, Pemkab Karangasem dan pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper