Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Korban Tewas longsor Banjarnegara Jadi 64 Orang

Jumlah korban tewas akibat bencana tanah longsor di Dusun Jomblang, Kecamatan Karangkobar, Jawa Tengah, sampai dengan Selasa (16/12) mencapai 64 jiwa.

Bisnis.com, YOGYAKARTA-- Jumlah korban tewas akibat bencana tanah longsor di Dusun Jomblang, Kecamatan Karangkobar, Jawa Tengah, sampai dengan Selasa (16/12) mencapai 64 jiwa.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pada hari ini tim gabungan berhasil menemukan delapan jenasah dan satu potongan kaki perempuan.

Korban tersebut adalah Kalimah (P, 47), Giarti binti Partono (P, 27), Fatih bin Agus (L, 2,5), Supiah binti Tursino (P, 22), Supono bin Marmo (L, 27), Cindy Ariani Ayu Sukma (P, 12), dan  Mrs. X (P).

Dengan demikian, ujarnya, jumlah korban yang berhasil ditemukan hingga Selasa (16/12) pukul 17.15 WIB adalah 64 orang tewas. Sebanyak 41 di antaranya adalah laki-laki dan 23 perempuan.

Dari 64 korban tersebut, ujarnya, sebanyak 6 korban belum dapat diindentifikasi.

"Korban yang masih dicari adalah 44 orang," ujarnya dalam pesan tertulis yang diterima JIBI, Selasa (16/12) petang.

Dia menyebutkan tidak semua korban tewas berasal dari Kecamatan Karangkobar.

Sebanyak 45 korban teridentifikasi berasal dari Kecamatan Karangkobar, sementara itu 13 korban teridentifikasi dari luar Kecamatan Karangkobar.

Korban dari luar Kecamatan Karangkobar berasal dari Pejawaran, Banjarmangu, Wanayasa, Cirebon, Bawang, Susukan Cirebon, dan Purwodadi.

Dia menambahkan operasi pencarian korban longsor di Dusun Jemblung, desa Sampang, Kec. Karangkobar, Kab Banjarnegara, terpaksa dihentikan sementara lebih awal karena hujan lebat turun sejak pukul 13.00 WIB.

"Kondisi tanah menjadi lumpur dan membahayakan tim gabungan," katanya.

Sutopo menyebutkan jumlah pengungsi saat ini mencapai 1.146 jiwa yang tersebar di 10 lokasi. Dia menyebutkan jumlah tersebut menurun dibandingkan hari sebelumnya yaitu dari 1.886 jiwa.

"Pengungsi yang telah pulang kembali ke rumahnya ini berasal dari desa sekitar lokasi kejadian, yang pada saat terjadi longsor mereka panik dan ikut mengungsi," katanya.

Sejauh ini, ujarnya, kebutuhan dasar pengungsi tercukupi. Namun demikian dia tetap menyebutkan sejumlah kebutuhan mendesak seperti bahan makanan, pakaian, pakaian anak, susu anak-anak, selimut, obat-obatan, sanitasi, dan sanitasi.
 
"Kerugian dan kerusakan akibat longsor masih dihitung. Rencana relokasi masih disiapkan. Sedang dicarikan lahan yang aman dan lokasinya tidak jauh dari desa asal," katanya.
 
Sutopo mengingatkan curah hujan diperkirakan akan meningkat hingga Januari nanti. "Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggi Oktarinda
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper